Telkomsel Gelar 5G di Indonesia 27 Mei, Begini Reaksi Telkom

Telkomsel Gelar 5G di Indonesia 27 Mei, Begini Reaksi Telkom

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 25 Mei 2021 08:42 WIB
Jakarta -

Pada 27 Mei mendatang, Telkomsel akan menggelar layanan 5G pertama di Indonesia secara komersial. Bagaimana reaksi Telkom sebagai induk perusahaan?

Terkait penggelaran 5G yang di mana Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menghadirkan layanan seluler generasi kelima tersebut, pada dasarnya Telkom menyambut baik dan mendukung langkah Telkomsel itu.

"Hal ini sejalan dengan semangat Telkomsel untuk bertransformasi menjadi digital telco yang terus bergerak maju menghadirkan implementasi teknologi terkini yang bermanfaat bagi masyarakat," ujar Vice President Corporate Communications Telkom Pujo Pramono kepada detikINET.

Disampaikan Pujo, diharapkan dengan hadirnya layanan 5G di Indonesia dapat membuka lebih banyak peluang dan kesempatan bagi pelanggan, pelaku industri, hingga lembaga pemerintahan.

"Untuk memanfaatkan teknologi jaringan seluler generasi terbaru yang mampu mendorong lebih banyak inovasi melalui digitalisasi aktivitas masyarakat secara lebih luas, sehingga hal ini dapat mengakselerasi perekonomian digital Indonesia," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Telkomsel secara resmi telah menerima Surat Keterangan Layak Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Kementerian Kominfo, Senin (24/5/2021). SKLO tersebut diterbitkan usai dilakukannya Uji Layak Operasi (ULO) 5G pada 19-21 Mei, di mana dalam selama proses tersebut, pemerintah menilai Telkomsel lulus dan layak menggelar layanan 5G.

Dengan diterbitkannya SKLO tersebut, Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang dapat mengoperasikan layanan 5G secara komersial di Indonesia.

"Dengan diterimanya SKLO ini menandakan bahwa Telkomsel semakin dekat dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia yang komprehensif melalui penyediaan dan penyelenggaraan dan layanan 5G," kata Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro.

(agt/rns)