10 Negara dengan Layanan 5G Terbaik, RI Mesti Tiru

Selamat Datang 5G

10 Negara dengan Layanan 5G Terbaik, RI Mesti Tiru

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 22 Mei 2021 22:01 WIB
Booth Qualcomm di Mobile World Congress (MWC) 2019
Ilustrasi 5G. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Telkomsel bakal mengkomersialisasikan layanan 5G pada akhir Mei ini. Jaringan 5G ini sebelumnya sudah hadir di banyak negara lain. Di mana yang paling kencang?

Dalam laporan keluaran Opensignal, Korea Selatan tercatat sebagai negara dengan kecepatan download di jaringan 5G yang paling kencang, yaitu 361 Mbps. Di belakangnya, ada beberapa negara seperti Taiwan, Uni Emirat Arab, dan lainnya.

Di bawah Korea Selatan ini ada Taiwan dengan kecepatan download 309,9 Mbps, lalu Uni Emirat Arab (269 Mbps), Australia (239,6 Mbps), Jepang (231,5 Mbps), Arab Saudi (229,8 Mbps), Finlandia (219,5 Mbps), Kuwait (212,9 Mbps), Swiss (173,3 Mbps), dan Austria (162,8 Mbps).

Meski begitu, kecepatan download tertinggi (peak) ternyata ada di Uni Emirat Arab, yang kecepatannya bisa mencapai 863 Mbps. Sementara untuk kecepatan upload tertinggi ada di Taiwan dengan 36,7 Mbps.

Opensignal memetakan perkembangan jaringan 5G di berbagai negara di seluruh dunia.Opensignal memetakan perkembangan jaringan 5G di berbagai negara di seluruh dunia. Foto: Opensignal

Nah jika dipersempit, kota di Korea Selatan yang kecepatan downloadnya tertinggi adalah Jeonju, dengan kecepatan 415,6 Mbps.

"Kecepatan download 5G di Jeonju sebesar 415,6 Mbps ini 15% lebih cepat dari hasil nasional Korea Selatan," kata Opensignal seperti dilihat, Sabtu (22/5/2021).

Opensignal menyebutkan hanya tiga kota di jajaran 10 besar yang merupakan ibu kota, yaitu Riyadh, Tokyo, dan Dublin. Sedangkan kota-kota lain beberapa di antaranya merupakan kota bisnis, sebut saja Dubai, Zurich, dan Barcelona.

Selain dari segi kecepatan, Opensignal juga mengukur layanan 5G ini dengan berbagai parameter lain. Ini antara lain seperti 5G video experience, game experience, dan voice app experience.

Untuk parameter pengalaman bermain game dan kualitas suara ternyata dikuasai oleh Korea Selatan. Namun untuk pengalaman menonton video, Belanda dan Taiwan memuncaki daftar tersebut dengan point yang sama.

Opensignal memetakan perkembangan jaringan 5G di berbagai negara di seluruh dunia.Opensignal memetakan perkembangan jaringan 5G di berbagai negara di seluruh dunia. Foto: Opensignal

Sementara untuk negara dengan cakupan 5G terbaik, yang dinilai dari pengalaman pengguna, Hong Kong mendapat poin paling tinggi. Di bawahnya ada Korea Selatan, Kuwait, dan Amerika Serikat.

Kalau menurut detikers, saat nanti 5G bisa dinikmati di Indonesia, kecepatan downloadnya seperti apa, ya?



Simak Video "Korsel Nomor 1 soal Kecepatan Download di Jaringan 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)