Vaksinasi Drive Thru Gratis di Depok, Tapi Kok Sepi?

Vaksinasi Drive Thru Gratis di Depok, Tapi Kok Sepi?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 05 Apr 2021 16:45 WIB
Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Depok telah dibuka sejak seminggu lalu, masyarakat lansia yang ikut vaksinasi terbilang minim, padahal vaksinasi drive thru ini gratis.
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Meskipun Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Depok telah dibuka sejak seminggu lalu, masyarakat lansia yang ikut vaksinasi terbilang minim. Padahal vaksinasi drive thru ini gratis.

Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit sendiri berada di gedung parkir Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok, Jawa Barat. Vaksinasi drive thru ini disediakan oleh XL Axiata yang berkolaborasi dengan mitra bisnis dan sosial.

"Kapasitas di sini sebenarnya jauh lebih besar, tapi yang datang masih kurang," ujar President Director & CEO XL Axiata Dian Siswarini ditemui di Depok, Jawa Barat, Senin (5/4/2021).

Dian mengatakan setiap harinya setidaknya sekitar 800-900 orang melakukan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit ini. Hanya saja dilihat dari kapasitas area yang besar, jumlah tersebut masih terbilang kurang.

Dian mengatakan Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit ini tidak akan berlangsung permanen alias akan tersedia paling maksimal dua bulan. Selama itu, ditargetkan hingga 15 ribu orang.

Disampaikan Bos XL juga, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit ada di Depok berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan terkait wilayah mana saja yang dinilai membutuhkan area vaksinasi.

Sebagai informasi, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit beroperasi Senin-Jumat (di luar hari libur) mulai pukul 08.00-16.00 WIB setiap hari dengan kedatangan maksimal pukul 15.00 WIB. Perlu Dicatat, vaksinasi lansia ini gratis dan berlaku untuk warga dengan KTP Depok.

Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Depok telah dibuka sejak seminggu lalu, masyarakat lansia yang ikut vaksinasi terbilang minim, padahal vaksinasi drive thru ini gratis.Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Depok telah dibuka sejak seminggu lalu, masyarakat lansia yang ikut vaksinasi terbilang minim, padahal vaksinasi drive thru ini gratis. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Syarat Vaksinasi

1. Sentra vaksinasi ini melayani warga lansia (minimal 60 tahun) dengan KTP Depok atau berdomisili di Depok, tenaga pengajar dari Universitas Indonesia (UI) dan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang sudah terdaftar.

2. Pendaftaran peserta dapat dilakukan secara online melalui laman www.xlaxiata.co.id/indonesiabangkit dengan melengkapi validasi data pribadi serta verifikasi kondisi kesehatan calon peserta vaksin.

3. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, peserta akan menjalani pengecekan kondisi fisik yang dilakukan secara standar kesehatan oleh pihak RSUI.

4. Warga yang telah mendaftar secara online selanjutnya akan mendapatkan pengarahan dari petugas sesuai prosedur drive thru agar berlangsung secara tertib dan lancar. Di lokasi telah di siapkan jalur antrian yang bisa menampung maksimal hingga 1.000 mobil.

5. Dalam satu hari vaksinasi drive thru di Depok ini bisa dilakukan vaksinasi kepada 500-1.000 orang. Untuk kelancaran pelaksanaannya, Sentra Vaksinasi drive thru ini dibantu dengan lebih dari 130 relawan (termasuk di dalamnya dokter, perawat, petugas keamanan, dan administrasi).



Simak Video "Vaksinasi COVID-19 Saat Berpuasa, Perlukah Persiapan Khusus?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)