Survei nPerf: Ini Operator Seluler Terbaik Indonesia di 2020

Survei nPerf: Ini Operator Seluler Terbaik Indonesia di 2020

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 25 Feb 2021 18:50 WIB
Ilustrasi Smartphone
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Tak hanya Speedtest, nPerf juga mengukur performa layanan telekomunikasi operator seluler Indonesia, mulai dari kecepatan internet, performa saat berselancar, hingga soal streaming. Siapa yang juaranya?

Ada lima operator seluler yang dianalisis oleh nPerf ini, yaitu Hutchison 3 Indonesia (Tri), Indosat Ooredoo, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata.

Untuk mengetahui koneksi internet para operator seluler ini, nPerf menggunakan 1.682.019 tes yang digunakan pengguna lewat aplikasinya, baik versi Android maupun iOS di tahun 2020. Setelah itu, nPerf menyaringnya dengan berdasarkan 1.178/927 pengujian yang relevan.

Sasaran skor nPerf mencerminkan pengalaman pelanggan mengacu pada lima faktor, yakni kecepatan internet unduh, kecepatan internet unggah, latensi, streaming, dan browsing.

Hasilnya secara keseluruhan, Telkomsel yang jadi pemenang operator seluler di 2020, setelah unggul dalam hal kecepatan internet unduh, kecepatan intenet upload, browsing, dan streaming video.

Menurut nPerf, kecepatan internet unduh Telkomsel bisa mencapai 8,2 Mbps, kecepatan internet unduh 5 Mbps, performa browsing terbaik dengan kecepatan 35,3%, dan performa streaming terbaik dengan kecepatan 62,9%.

Sedangkan kategori lainnya, seperti rasio kesuksesan dimenangkan oleh Tri dan urusan latensi dimenangkan oleh Smartfren.

nPerf melakukan survei performa koneksi internet operator seluler Indonesia.nPerf melakukan survei performa koneksi internet operator seluler Indonesia. Foto: nPerf

nPerf mengatakan dengan latensi paling baik dari di antara operator seluler Indonesia lainnya, Smartfren dinilai bagus untuk para gamer dan tarif koneksi 4G dan 4G+.

Sebagai catatan, survei yang dilakukan nPerf ini tidak hanya melihat kualitas jaringan 4G saja, tapi juga jaringan 2G dan 3G.

"Ketika kita melihat kecepatan unduh, kami melihat bahwa sebagian besar operator seluler memberikan kecepatan yang dibatasi untuk penggunaan intensif, seperti streaming video dalam definisi tinggi," ujar nPerf.



Simak Video "10 Kota Indonesia dengan Internet Paling Kencang"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)