Cara Cek Kuota Belajar untuk Indosat, Tri, XL, Axis dan Telkomsel

Cara Cek Kuota Belajar untuk Indosat, Tri, XL, Axis dan Telkomsel

Tim detikcom - detikInet
Rabu, 23 Sep 2020 17:12 WIB
Warung Pecel di Blitar Bantu Belajar Online
Ilustrasi belajar online (Erliana Riady/detikcom)
Jakarta -

Program kuota belajar Kemendikbud sudah mulai disalurkan. Inilah cara untuk mengeceknya dari masing-masing operator.

Kuota belajar Kemendikbud untuk membantu kegiatan belajar dari rumah, sudah dijalankan dengan melibatkan berbagai operator untuk nomor yang sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti). Sebelumnya, sudah dibahas bagaimana cara mendapatkannya, para siswa juga perlu tahu bagaimana cara mengeceknya.

Dihimpun detikINET, Rabu (23/9/2020) inilah cara mengecek kuota belajar dari Kemendikbud di setiap operator:

1. Indosat Ooredoo

Bantuan kuota data Indosat Ooredoo dapat digunakan oleh siswa, guru, mahasiswa, dan dosen yang telah terdaftar nomornya di Kemendikbud. Bagi pengguna IM3 Ooredoo dapat mengetahui status dan cek kuota nya melalui *123*075# atau aplikasi myIM3.

"Selama pandemi, akses internet merupakan salah satu kebutuhan utama untuk kelancaran kegiatan pembelajaran secara daring. Indosat Ooredoo melalui IM3 Ooredoo sejak awal terus mendukung para pelajar dan pengajar agar tetap semangat belajar online di rumah," kata Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena.

Pengguna yang sudah terdaftar, setiap bulan akan mendapat bantuan kuota data mulai September 2020 dengan besar bervariasi yaitu:

  • PAUD 20 GB (5 GB semua akses + 15 GB kuota belajar)
  • Pelajar 35GB (5GB semua akses + 30GB kuota belajar)
  • Guru 42 GB (5GB semua akses + 37GB kuota belajar)
  • Mahasiswa dan dosen 50GB (5GB semua akses + 45GB kuota belajar)

Kuota belajar untuk mengakses aplikasi belajar online seperti Ruangguru, Zenius, Quipper, Rumah Belajar, Google Classroom, dan lainnya serta ke lebih dari 300 portal universitas di Indonesia yang bisa digunakan selama 24 jam.

2. Tri Indonesia

Tri Indonesia juga punya paket kuota belajar. Wakil Presiden Direktur Tri, M Danny Buldansyah mengatakan 3 Indonesia memberikan kuota tambahan 30GB. SMS notifikasi akan dikirimkan ke masing-masing nomor siswa / mahasiswa.

"Hanya perlu menjawab SMS tersebut untuk konfirmasi," kata Danny.

Cara mengecek kuota belajar sudah diterima untuk 3 Indonesia adalah, pelajar atau mahasiswa bisa melakukan cek sisa kuota internet secara detil melalui *123*10*3# atau via aplikasi Bima+.

3. XL dan Axis

Pengguna XL Axiata baik itu siswa, mahasiswa dan guru, bisa mendapatkan bantuan kuota belajar sesuai mekanisme dan pendataan Pusdatin Kemendikbud. Pusdatin memfasilitasi sekolah untuk mengumpulkan data siswa dan guru.

Kemudian XL Axiata memverifikasi nomor lalu melapor ke Pusdatin. Pusdatin lalu menyalurkan bantuan kuota belajar ke nomor yang didaftarkan.

"Untuk pelanggan XL prepaid, bisa melakukan pengecekan melalui myXL. Untuk pelanggan Prioritas, bisa melakukan pengecekan melalui myPrio sedangkan pelanggan Axis, bisa melakukan pengecekan melalui AxisNet. Pada paket detail, silakan cek paket Terus Belajar," kata Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih.

Untuk pengecekan melalui UMB, bisa via *123#, kemudian pilih Info. Pilih Info Kartu-XL-ku, lalu pilih info Cek Kuota, dan pilih paket Terus Belajar.

4. Telkomsel

Telkomsel menawarkan paket kuota belajar 35GB dari Kemendikbud dan 10GB dari Telkomsel. Totalnya jadi 45GB untuk mengakses e-learning seperti Ilmupedia, Google Classroom, Google Meet, dan masih banyak lagi.

Koneksi internet Telkomsel saat ini tersedia melalui produk Simpati, kartu AS, Loop, dan By.U. Guru dan murid yang telah menerima bantuan kuota belajar Kemendikbud akan menerima SMS dari Telkomsel. Bagi yang ingin mengecek kuota belajar Telkomsel bisa langsung menghubungi nomor *888# atau lewat aplikasi MyTelkomsel.

Berikut ini untuk mendapatkan paket kuota belajar:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel
  • Pilih menu 'Belanja'
  • Pilih menu 'Internet'
  • Pilih kategori 'Pendidikan'
  • Pilih 'Kuota Belajar Rp10'
  • Konfirmasi pembelian
  • Pembelian berhasil.


Simak Video "Akses Gratis Aplikasi-Website Bantuan Kuota Belajar dari Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)