XL Tebar 300 Ribu Paket Data Gratis Untuk Pelajar

XL Tebar 300 Ribu Paket Data Gratis Untuk Pelajar

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 09 Sep 2020 11:31 WIB
Para siswa dengan keterbatasan paket data internet belajar di Posyandu. Posyandu ini menyediakan akses WiFi gratis untuk belajar yang difasilitasi Pemkot Tangerang.
Ilustrasi belajar online (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Guna mempermudah pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online selama pandemi Corona, XL Axiata tebar 300 ribu paket data gratis untuk pelajar.

Bekerjasama dengan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi), 300 ribu paket data gratis untuk pelajar tersebut disalurkan di provinsi Banten.

Group Head XL Axiata Region Jabodetabek dan Kalimantan, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, proses pembelajaran jarak jauh bisa dengan memanfaatkan layanan internet. Akan tetapi, pada pelaksanaannya, belajar online itu ada kendala terkait kemampuan masyarakat soal smartphone, membeli, paket kuota data, serta kualitas jaringan.

"Dengan adanya bantuan ini, kami berharap bisa memperingan beban sebagian pelajar dan orang tuanya dalam mendapatkan kuota data untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh," ujar Francky seperti dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/9/2020).

Melalui kerja sama XL dan Askompsi ini, bantuan paket data gratis untuk pelajar secara serentak disalurkan melalui 1.000 sekolah yang berada di 28 provinsi. Paket kuota data gratis yang dibagikan sudah bisa mulai dipergunakan pada 1 September 2020. Dengan demikian setiap paket bantuan sudah bisa langsung dimanfaatkan para siswa penerimanya.

Paket data gratis untuk pelajar yang disalurkan oleh XL ini berupa kartu perdana Axis yang di dalamnya sudah diberikan kuota data sebesar 30 GB yang didapatkan saat kartu diaktifkan dan tambahan kuota data sebesar 55 GB setelah kartu terdaftar di sistem Dapodik melalui admin sekolahnya masing-masing dengan masa berlaku empat bulan.

XL menegaskan bahwa paket data gratis tersebut di luar subsidi kuota bagi pelajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Paket data gratis untuk pelajar dari XL ini bisa dimanfaatkan untuk mengakses sejumlah aplikasi yang sering dipakai untuk belajar online, misalnya Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, Google Classroom, dan WhatsApp.

Selain itu, kuota data tersebut juga bisa dipakai untuk membuka aplikasi dan website yang menyediakan bahan tambahan untuk referensi belajar, yaitu Udemy, Ruang Guru, Zenius, Sekolahmu, juga website Rumah Belajar Kemendikbud belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di spada.kemdikbud.go.id atau lmsspada.kemdikbud.go.id.

"Dengan ada program bantuan ini, dan juga nanti ada bantuan dari pemerintah setiap bulannya, tentu akan sangat membantu. Saya minta agar bantuan dari XL Axiata dan Askompsi ini bisa segera disalurkan ke sekolah-sekolah yang murid-muridnya memang sangat membutuhkan," ungkap Gubernur Banten Wahidin Halim.

Mekanisme penyaluran paket data gratis untuk pelajar ini tepat sasaran, yakni dilakukan melalui sekolah-sekolah yang berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Banten. Adapun, pelajar yang menerima bantuan ini diprioritaskan bagi yang kurang mampu, namun membutuhkan akses internet untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh.



Simak Video "XL Axiata Getol Bangun Jaringan di Daerah Pelosok"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)