Kado Telkomsel HUT ke-75 RI: Seluruh Kota Terkoneksi 4G

Kado Telkomsel HUT ke-75 RI: Seluruh Kota Terkoneksi 4G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 17 Agu 2020 11:02 WIB
Telkomsel genap berusia 25 tahun. Selama itu pula, operator seluler ini telah mencapai lebih dari 170 juta pelanggan dan membangun 209 ribu BTS di seluruh Indonesia.
Kado Telkomsel HUT ke-75 RI: Seluruh Kota Terkoneksi 4G. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel mengumumkan bahwa seluruh wilayah ibukota, kabupaten, dan kotamadya di Indonesia telah terkoneksi dengan jaringan 4G. Pengumuman ini seakan jadi kado Telkomsel untuk HUT ke-75 RI.

Merujuk pada peluncuran layanan 4G komersil pertama yang dihadirkan Telkomsel pada akhir 8 Desember 2014, maka itu artinya butuh waktu hingga enam tahun bagi operator seluler satu ini untuk menyelimuti seluruh ibukota, kabupaten, dan kotamadya di Tanah Air.

Pertama kali Telkomsel membawa jaringan 4G di Indonesia dengan Jakarta dan Bali sebagai daerah pertama yang mengadopsi teknologi anyar ini, yang kemudian diakhiri pengembangan jaringan seluler generasi keempat itu di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua.


"Beroperasinya BTS broadband Telkomsel hingga ke wilayah 3T dan perbatasan negara mempertegas komitmen kami dalam menyediakan layanan broadband yang merata tanpa terkecuali. Sehingga upaya kami dapat membuat seluruh masyarakat memaksimalkan pemanfaatan layanan berbasis internet dan digital dengan kualitas yang setara," tutur Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/8/2020).

Dengan telah terselimuti seluruh ibukota, kabupaten, dan kotamadya dengan sinyal 4G, Telkomsel berharap hal itu dapat menunjang percepatan pertumbuhan perekonomian, mendorong potensi daerah, serta memberi nilai tambah bagi daya tarik investasi, peluang usaha, bahkan lapangan kerja baru

Hingga saat ini, Telkomsel telah menggelar infrastruktur jaringan lebih dari 228.000 Base Transceiver Station (BTS) yang menjangkau lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia, di mana sebagian besar dari total BTS tersebut terkoneksi jaringan 4G.

Selain itu, secara khusus Telkomsel juga telah menggelar 20.000 BTS dan 1.083 BTS USO (Universal Service Obligation) untuk menjangkau wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) serta perbatasan negara demi menjaga kedaulatan bangsa Indonesia.

Penerapan infrastruktur berteknologi terkini turut mendorong Telkomsel menghadirkan ragam inovasi produk dan layanan berbasis digital yang memudahkan pelanggan. Langkah tersebut guna memastikan terpenuhinya standar kualitas jaringan, terutama broadband, serta menghadirkan produk dan layanan dengan mengedepankan prinsip customer centric.



Simak Video "Pemerintah Targetkan Sinyal 4G di 12.548 Desa Rampung Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)