Cerita Telkomsel Investigasi Kebocoran Data Denny Siregar

Cerita Telkomsel Investigasi Kebocoran Data Denny Siregar

Ahmad Bil Wahid - detikInet
Jumat, 10 Jul 2020 18:37 WIB
Polisi Tangkap Pembobol Data Pribadi Denny Siregar (Bilwahid/detikcom)
Foto: Polisi Tangkap Pembobol Data Pribadi Denny Siregar (Bilwahid/detikcom)
Jakarta -

Pelaku pembocor data pribadi pegiat medsos Denny Siregar sudah ditangkap polisi. Telkomsel berkisah bagaimana proses investigasinya.

Tersangka FPH (27) adalah karyawan outsourcing Telkomsel di Surabaya. Pada 9 Juli 2020, polisi telah melakukan penangkapan pelaku di daerah Rungkut, Surabaya setelah ada laporan dari Telkomsel.

Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel, Andi Agus Akbar di Bareskrim Polri mengatakan Telkomsel melakukan investigasi internal. Mereka menemukan ada akses data tanpa izin.

"Jadi setelah ada ramai-ramai, dari Telkomsel mengadakan investigasi, kenapa ini terjadi. Kita mengenali ada akses tanpa hak dari searching di Grapari Rumpung," kata Andi Agus, Jumat (10/7/2020).

Kemudian dengan temuan itu, Telkomsel lantas melapor ke polisi. "Untuk itu pada tanggal 8 kami membuat laporan ke Mabes Polri untuk ditindaklanjuti sesuai perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Telkomsel meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami konsumen Denny Siregar. Kejadian ini jadi pelajaran untuk perbaikan keamanan data pelanggan.

"Ini pelajaran bagi kami untuk ke depannya akan kita akan perbaiki terus, tingkatkan terus keamanan untuk menjaga keamanan data pelanggan kami," pungkasnya.

Di tempat yang sama, sebelumnya polisi mengatakan tersangka merupakan karyawan outsourcing di GraPARI Telkomsel Rungkut Surabaya. Dia memiliki akses membuka data pribadi pelanggan.

"Jadi didapatlah bahwa si tersangka dengan tidak melalui otorisasi, artinya yang bisa melakukan akses terhadap data-data tersebut adalah pelanggan itu sendiri atau permintaan dari atasan. Jadi tanpa ada otorisasi. Jadi melakukan pembukaan file atas nama DS," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiono.

Setelah membobol data pribadi Denny Siregar, tersangka lalu mengambil foto data tersebut. Foto itu kemudian dikirim ke akun Twitter @opposite6890 dan lalu diposting di Twitter dan kemudian viral.



Simak Video "Pembobol Data Pribadi Denny Siregar Dibekuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)