Pamor TikTok di RI Meroket, Konsumsi Data Buat Instagram Boros

Pamor TikTok di RI Meroket, Konsumsi Data Buat Instagram Boros

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 01 Jul 2020 20:22 WIB
Berbicara soal pamor media sosial (medsos) di Indonesia, rupanya TikTok menjadi primadona dibandingkan Facebook, Twitter, dan Instagram.
Foto: Tri Indonesia
Jakarta -

Berbicara soal pamor media sosial (medsos) di Indonesia, rupanya TikTok menjadi primadona dibandingkan Facebook, Twitter, dan Instagram.

Keempat medsos tersebut jadi yang teratas dipakai pelanggan Hutchison 3 Indonesia atau Tri Indonesia, di mana TikTok yang mengandalkan video pendeknya itu melejit kepopulerannya di Tanah Air.

Tercatat, dari total pelanggan Tri saat ini, 95% di antaranya merupakan pengguna smartphone. Terlebih lagi, rata-rata pelanggan Tri tersebut menggunakan hingga 70% dari kuota mereka habiskan untuk berselancar di medsos.

Dari data yang dibagikan Tri, Facebook memang juaranya bila dilihat jumlah rata-rata pelanggan yang menggunakan medsos setiap bulannya. Bahkan, jika disandingkan dengan Instagram yang di posisi kedua, masih tinggi Facebook atau dua kali lipatnya.

Menariknya, TikTok sebuah medsos relatif baru, tetapi berhasil mendapatkan jumlah pengguna yang besar dalam waktu cepat, sehingga mampu membuntuti Twitter dengan selisih jumlah pengguna yang sangat tipis di jaringan Tri.

Berbicara soal pamor media sosial (medsos) di Indonesia, rupanya TikTok menjadi primadona dibandingkan Facebook, Twitter, dan Instagram.Berbicara soal pamor media sosial (medsos) di Indonesia, rupanya TikTok menjadi primadona dibandingkan Facebook, Twitter, dan Instagram. Foto: Tri Indonesia

"Media sosial telah merevolusi cara kita berkomunikasi. Melalui media sosial, keluarga, teman, hingga kerabat yang sudah lama tidak bertemu dan terpaut jarak yang jauh, kini dapat tetap saling terhubung secara personal dengan cara yang mudah dan sederhana," tutur Chief Technical Officer Tri Indonesia Desmond Cheung dalam siaran persnya.

Sementara berdasarkan penggunaan data, Instagram menjadi medsos yang rata-rata konsumsi per harinya paling tinggi. Tinginya konsumsi tersebut karena basis konten Instagram yang berupa foto dan video.

Di sisi lain, Twitter yang kontennya berbasis teks, memiliki konsumsi data per hari yang paling irit dibandingkan Facebook, TikTok, dan Instagram.

Tri mengatakan lalu lintas data medsos di jaringannya meningkat pesat sebesar 60% jika dibandingkan dengan tahun dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Agar pelanggannya tetap nyaman dalam berselancar, Tri mengoptimalkan jaringannya dengan teknologi terbaru caching solution. Teknologi ini dikatakan dapat membantu mempercepat akses pengguna ke beberapa medsos.

Bersama dengan koneksi 4,5G Pro yang sekarang sudah delapan kali lebih cepat dan tersedia di lebih dari 33 ribu desa di Indonesia, pelanggan Tri akan dapat menikmati pengalaman berselancar yang oke di medsos.



Simak Video "Jepara Diguncang #gempa Jadi Trending di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)