Mudik Dilarang, Telkomsel Amankan Jaringan di Area Perumahan

Mudik Dilarang, Telkomsel Amankan Jaringan di Area Perumahan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 21 Apr 2020 22:13 WIB
Trafik broadband di Telkomsel khusus untuk broadband naik 16% di tengah pandemi corona.
Telkomsel Amankan Jaringan di Area Perumahan (Foto: Telkomsel)
Jakarta -

Tak ada mudik pada Lebaran tahun ini. Trafik layanan telekomunikasi pun akan bergeser ke area perumahan.

Telkomsel sudah mengantisipasinya, yang mana operator seluler ini akan memperkuat kualitas jaringannya di area residensial atau perumahan.

Saat momen Ramadhan dan Lebaran sebelum-sebelumnya, operator seluler memfokuskan diri mengamankan jaringannya di titik keramaian, seperti bandara, terminal, pelabuhan, hingga area wisata. Namun akibat pandemi Corona, semua itu berubah kali ini seiring imbauan untuk melakukan aktivitas di rumah.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, walaupun kondisinya tahun ini berbeda, Telkomsel selalu berupaya menguatkan dan mengamankan akses jaringannya dengan menggunakan teknologi terkini di titik-titik prioritas," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam virtual conference di CloudX, Selasa (21/4/2020).

Menurut anak perusahaan plat merah ini, Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) tahun ini tetap ada lonjakan trafik telekomunikasi untuk layanan broadband sebesar 20%. Sedangkan, layanan voice dan SMS justru menurun dibandingkan hari normal.

"Pada momen Rafi ini Telkomsel sudah mengantisipasi dengan physical distancing, work from home, hingga learn from home, kami alami lonjakan trafik, tapi kami tetap network pastikan bisa mengantasi lonjakan trafik itu dengan optimalisasi kualitas dan jaringan," kata Setyanto.

Telkomsel akan mengamankan jaringan di 436 Point Of Interest (POI) alias titik strategis di seluruh Tanah Air pada Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, di mana 309 POI itu area residensial.

TelkomselTelkomsel Foto: screenshot/detikINET

"Kemudian 58 titik khusus untuk rumah sakit rujukan COVID-19 seluruh Indonesia, kami juga menjaga 38 titik area transportasi setiap provinsi, dan 31 titik transportasi logistik," paparnya.

Selain itu, operator seluler ini pun mengamankan jaringan di akses jalur tol dan jalan utama sepanjang 16.000 km yang terbentang dari Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

"Jadi, fokus pengamanan tersebut merupakan bentuk nyata dukungan dari Telkomsel dalam memastikan agar masyarakat Indonesia secara keseluruhan bisa nyaman, silaturhami dengan keluarganya, di saat bersamaan melaksanakan imbauan pemerintah untuk tidak mudik," pungkasnya.

TelkomselTelkomsel Foto: screenshot/detikINET


Simak Video "Perkembangan Zona Terdampak Covid-19 Per Kab/Kota Setiap Minggu"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)