Pelanggan Seluler Gratis Akses 3 Situs Resmi COVID-19 Pemerintah

Pelanggan Seluler Gratis Akses 3 Situs Resmi COVID-19 Pemerintah

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 30 Mar 2020 16:15 WIB
closeup of a caucasian doctor man holding a world globe with a protective mask with the word coronavirus written in it
Foto: iStock
Jakarta -

Bagi kalian yang mengakses situs resmi COVID-19, maka tidak akan menelan kuota data karena operator seluler menyatakan untuk menggratiskan yang mengunjungi situs pemerintah tersebut.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro menuturkan sejak pemerintah mengimbau agar aktivitas masyarakat, mulai dari belajar, bekerja, dan beribadah dilakukan di rumah semenjak merebaknya virus corona di Tanah Air.

Sejak saat itu, Telkomsel mencatat ada lonjakan trafik telekomunikasi berbasis layanan data sekitar 13%.

"Peningkatan tersebut didorong oleh meningkatnya aktivitas pemanfaatan akses internet oleh pelanggan dalam penggunaan aplikasi layanan e-learning oleh para pelajar, aplikasi meeting conference oleh para pekerja, hingga aktivitas mencari informasi terkini terkait pandemi virus COVID-19 melalui sejumlah situs informasi resmi oleh masyarakat pada umumnya," ujar Setyanto dalam siaran persnya.

Agar masyarakat mendapatkan informasi terkini dan resmi seputar pandemi virus corona, Telkomsel memberikan bebas kuota data untuk akses tiga situs informasi resmi, yaitu www.covid19.go.id, www.infeksiemerging.kemenkes.go.id, dan www.corona.jakarta.go.id.

Begitu juga yang dilakukan XL Axiata sebelumnya. Pelanggan dari operator yang identik warna biru ini dapat mengakses ketiga situs resmi pemerintah tersebut dengan secara cuma-cuma.

Senada dengan Indosat Ooredoo, anak perusahaan Ooredoo ini membebaskan kuota data untuk pelanggan yang berkunjung ke situs pemerintah.

"Benar bahwa kami memberi gratis akses dan tidak memotong kuota Internet ke covid19.go.id sebagai tindak lanjut permintaan dari Pemerintah," ucap SVP-Head of Corporate Communications Turina Farouk.

Smartfren mengatakan sesuai dengan pemerintah, tepatnya diucapkan Menkominfo Johnny G. Plate beberapa waktu lalu, yang meminta operator seluler untuk menggratiskan masyarakat ketika mengunjungi situs covid19.go.id.

"Sudah dibuka gratis sesuai dengan seruan dari Kominfo. Per kemarin, Smartfren sudah kasih akses gratis ke situs covid19.go.id," kata Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys.

Dan, Hutchison 3 Indonesia (Tri) mengatakan sejak 20 Maret lalu, pelanggannya sudah dibebaskan kuota data ke website covid19.go.id.

"Tri Indonesia sejak 20 Maret lalu sudah menggratiskan akses ke situs covid.go.id untuk memudahkan masyarakat mencari informasi terkini terkait COVID-19," ungkap Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia Danny M. Buldansyah.



Simak Video "Naik 687 Kasus, Kasus Covid-19 di RI Jadi 25.216"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)