Senin, 23 Mar 2020 17:50 WIB

Di Rumah Aja, Netflix dan Google Classroom Favorit Pengguna XL

Adi Fida Rahman - detikInet
Teknisi XL Axiata memeriksa perangkat BTS di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Senin (10/2/2020). XL Axiata Tbk berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 25,15 trilliun atau meningkat sembilan persen dibandingkan tahun sebelumnya, yang didorong oleh peningkatan pendapatan layanan sebesar 15 persen YoY, dan pertumbuhan pendapatan tersebut melampui pendapatan rata-rata industri. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

XL Axiata mencatat kenaikan trafik data selama sepekan sejak anjuran pemerintah untuk bekerja dan belajar dari rumah guna mencegah meluasnya wabah virus corona di Tanah Air. Sejumlah aplikasi mengalami lonjakan akses sangat signifikan.

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan pihaknya melihat adanya perubahan perilaku selama satu pekan kemarin. Banyak pelanggannya mengonsumsi data untuk bekerja dan belajar dari rumah.

Alhasil terjadi lonjakan 10-15% dari minggu sebelumnya. Kenaikan terjadi pada jam 09.00 - 12.00 WIB.

"Mungkin pada saat itu orang yang biasanya kantor, dan paling sibuk di pagi hari, ini sejalan dengan pattern. Paling tinggi di hari Jumat," kata Gede saat Media Update XL Axiata Selama WFH dan SFH.

Tercatat kenaikan akses tertinggi di Jawa Barat hingga mencapai 67% dengan daerah Kabupaten Tasikmalaya menjadi penyumbang utamanya.

Selain data, XL Axiata melihat ada kenaikan di layanan panggilan telepon dan SMS. Hanya saja angkanya tidak melonjak signifikan, panggilan telpon naik 2%, sedangkan SMS 3%.

Diungkap pula sejumlah aplikasi yang banyak diakses pelanggan XL Axiata selama anjuran di rumah aja. Untuk pelanggan umum, Netflix paling tinggi kenaikannya mencapai 50%.

"Banyak diakses sore hari, sekitar jam 4-6 sore. Mungkin setelah capek video conference mereka menonton Netflix," kata Gede.

Games Mobile Legend mengalami peningkatan sebesar 10%, diikuti YouTube sebesar 5%. XL juga mendapati adanya lonjakan signifikan pada aplikasi video conference, mencapai 20-30%.

"Karena sebelumnya jarang digunakan, jadi naik signifikan," kata Gede.

Untuk aplikasi belajar, Google Classroom melonjak hingga 2.354 %. Diikuti Ruangguru yang meningkat trafiknya hampir 50%.

Guna mengantisipasi terus melonjaknya trafik data, XL Axiata monitoring NOC 24 jam karena jaringan harus terjaga. Mereka pun membentuk task force selalu siap siaga lintas bagian bilamana ada persoalan teknis harus diputuskan dan eksekusi.

"Meskipun baru 4-5 hari, kami sudah harus upgrade sekitar 1.000 side, terutama di Jakarta, karena terjadi lonjakan trafik yang selama ini tidak terprediksi," papar Gede.

"Kami akan terus pantau, hampir keputusan yang XL yang ambil bersifat harian kini jadi setengah harian. Karena kami tidak mau mengecewakan pelanggan terlebih dalam situasi sekarang," pungkasnya



Simak Video "XL Axiata Getol Bangun Jaringan di Daerah Pelosok"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)