Kominfo Sebut 1.122 BTS Sempat Down Gegara Banjir Jabodetabek

Kominfo Sebut 1.122 BTS Sempat Down Gegara Banjir Jabodetabek

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 26 Feb 2020 10:39 WIB
Sejumlah warga melintasi banjir di RT 2 RW 3 Rawadas, Pondok Kopi, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Banjir yang melanda kawasan ini mencapai 90 meter.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Dampak banjir yang menerjang sebagian wilayah Jabodetabek, turut melumpuhkan akses telekomunikasi. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) 21.745 site BTS yang tersebar di Jabodetabek, 4,9% atau 1.122 site di antaranya mengalami down.

Hujan deras yang mengguyur sejak semalam hingga pagi hari membuat sebagian Jabodetabek mengalami kebanjiran. Hal itu berujung pada matinya site untuk memancarkan telekomunikasi kepada pelanggan seluler.

Berdasarkan data site yang down seperti yang dipaparkan Kominfo kepada detikINET, ada 4,9% dari total site yang tersebar di wilayah Jabodebatek. Data tersebut terhitung sampai pukul 16.30 WIB, Selasa (25/2/2020). Kemungkinan saat ini, sebagian sudah pulih kembali.

Site yang down pasca-banjir menerjang Jabodetabek, Selasa (25/2/2020).Site yang down pasca-banjir menerjang Jabodetabek, Selasa (25/2/2020). Foto: Kominfo

Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli mengatakan kalau pihaknya telah berkoordinasi dengan operator seluler untuk mengatasi persoalan tersebut.

"Banjir yang melanda Jadetabek yang terjadi sampai dengan hari ini berdampak pada layanan Telekomunikasi. Kami sudah meminta operator telekomunikasi untuk mengatasi BTS (base transceiver station) yang off karena layanan telekomunikasi sangat dibutuhkan warga khususnya yang terdampak bencana," tutur Ramli kepada detikINET, Selasa (25/2/2020).

Ramli menuturkan langkah yang dilakukan untuk menghidupkan site yang mati itu dengan menyediakan backup genset untuk BTS yang mati listrik. Selain itu, optimalisasi BTS di luar wilayah terdampak juga dilakukan untuk meng-cover.

"Mobile BTS dan BTS combat juga akan disiapkan," ucapnya.

Kominfo Sebut 1.122 BTS Sempat Down Gegara Banjir Jabodetabek


Simak Video "Update! Banjir DKI-Banten-Jabar: Korban Jiwa 53, Pengungsi 173 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)