Sejumlah BTS Terdampak Banjir, Operator Siagakan Genset

ADVERTISEMENT

Sejumlah BTS Terdampak Banjir, Operator Siagakan Genset

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 25 Feb 2020 11:32 WIB
ilustrasi smartphone
Ilustrasi. Foto: Unspslah
Jakarta -

Banjir yang melanda sebagian wilayah di Jabotabek dan sekitarnya mengganggu aktivitas masyarakat, termasuk mungkin layanan selular. Operator pun bersiaga memantau jaringannya.

Pihak operator menyatakan ada gangguan terkait pemadaman listrik sehingga beberapa BTS kena dampak. Tapi mereka telah menyiagakan genset untuk mengoperasikannya.

Aldin Hasyim selaku General Manager External Corporate Communications Telkomsel menyebut secara umum, kondisi jaringan dan layanan Telkomsel masih berjalan normal dan dalam pemantauan secara intensif.

"Saat ini di sejumlah titik di Jabotabek dan sekitarnya yang terdampak hujan deras yang merata dan mengakibatkan banjir juga telah dilakukan pemadaman listrik sebagai langkah antisipasi. Untuk itu, Telkomsel telah menggunakan pasokan listrik cadangan dengan mengaktifkan battery dan menyiagakan sejumlah mobile genset sebagai pendukung operasional BTS di sejumlah titik wilayah terkait," demikian penjelasannya.

Saat ini, Telkomsel masih dalam proses inventarisir seluruh perangkat produksi. Mereka juga sudah menyiagakan seluruh tim operasional untuk melakukan pemantauan dan memastikan kenyamanan komunikasi pelanggan tetap terjaga.

"Semoga dampak banjir akibat hujan deras yang merata di sejumlah wilayah di Jabotabek dan sekitarnya dapat segera teratasi sehingga warga dapat beraktifitas seperti biasanya," kata Aldin dalam keterangannya.

Sementara pihak XL menyatakan sudah ada laporan masuk mengenai sebagian kecil BTS terdampak, terutama yang berlokasi di area yang terkena pemadaman listrik. Namun mereka sudah melakukan langkah antisipasi.

"Angka pastinya perlu kami cek. Untuk itu kami sudah antisipasi dengan mobilisasi genset. Saat ini kami terus memantau dampak banjir di wilayah Jabodetabek terhadap BTS-BTS kami, mengingat cuaca yang masih belum menentu," sebut Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih.

"Kami sudah siapkan langkah-langkah antisipatif antara lain dengan rekayasa jaringan dan mobilisasi genset. Semaksimal mungkin kami akan berusaha untuk menjaga layanan tetap normal karena di saat yang seperti ini pasti layanan telekomunikasi dan data sangat dibutuhkan pelanggan dan masyarakat," tambahnya.



Simak Video "Bogor Banjir, Warga Jakarta-Banten Diminta Siaga!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT