Pasokan Perangkat Jaringan Huawei Tak Terdampak Corona

Pasokan Perangkat Jaringan Huawei Tak Terdampak Corona

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 21 Feb 2020 14:08 WIB
FILE PHOTO: An employee displays a Huawei 5G Smartphone Mate 20X smartphone at a Sunrise telecommunications shop in Opfikon, Switzerland June 21, 2019. REUTERS/Arnd Wiegmann/File Photo
Pasokan Perangkat Jaringan Huawei Tak Terdampak Corona (Foto: Arnd Wiegmann/Reuters)
Jakarta -

Huawei kembali mengoperasikan fasilitas produksi untuk peralatan jaringan 5G mereka setelah sempat disetop karena penyebaran virus corona.

Pernyataan ini dilontarkan oleh Presiden Huawei 5G networking equipment Yang Chaobin, yang juga memastikan para penyuplai komponen peralatan tersebut juga sudah memulai produksinya.

Ia pun memastikan virus corona ini tak berdampak pada pasokan peralatan jaringan 5G ke para konsumen Huawei, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (21/2/2020).

"Semua pabrik milik Huawei sudah kembali beroperasi, dan saat ini peralatan jaringan 5G diproduksi langsung di pabrik milik Huawei. Penyuplai komponen utama pun sudah mulai beroperasi, jadi tak ada dampak terhadap pasokan ke konsumen kami," ujar Chaobin.

Meski begitu, Huawei saat ini masih dimusuhi dan diboikot oleh pemerintah AS karena disebut berhubungan dengan pemerintah China, dan ditakutkan bisa menjadi alat mata-mata untuk pemerintah China. Jadi perangkat jaringan Huawei saat ini dilarang untuk dipakai di Amerika Serikat.

Karena itulah pemerintah AS saat ini tengah menggarap rencana kerja sama dengan Nokia dan Ericsson untuk menggantikan penggunaan perangkat jaringan Huawei di AS. Namun itu bukanlah hal mudah karena Huawei saat ini adalah produsen perangkat jaringan dengan pangsa pasar terbesar di dunia.

Bahkan teknologi perangkat jaringan tersebut disebut lebih unggul ketimbang dua rivalnya itu. Huawei pun punya keunggulan karena dibekingi oleh bank milik pemerintah China, yang membuat mereka bisa memberikan skema pembayaran yang ringan kepada para kliennya.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)