Tri Indonesia Siap 5G, Tunggu Roadmap Pemerintah

Tri Indonesia Siap 5G, Tunggu Roadmap Pemerintah

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 12 Feb 2020 19:35 WIB
Tri Luncurkan Jaringan 4,5G
Tri Indonesia Siap 5G, Tunggu Roadmap Pemerintah (Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

Para operator telekomunikasi masih menunggu langkah pasti pemerintah menggelar 5G. Meski begitu, Tri Indonesia menyatakan sudah siap 5G.

Wacana soal pembangunan 5G di Indonesia masih belum mendapatkan kejelasan, tapi yang pasti Danny Buldansyah Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia mengatakan providernya sudah siap untuk jaringan baru 5G.

"Untuk 5G, kami menunggu roadmap dan pemerintah. Jaringan kita sudah siap untuk 5G," kata Danny dalam acara Media Gathering Tri Indonesia, Rabu (12/2/2020), Plaza Senayan.

Pemerintah mencanangkan fiberisasi, ini juga persiapan operator Tri Indonesia menuju 5G. Menurut Donny, transmisi konvensional sudah tidak bisa dilakukan.

"Kita inginkan 5G kami punya bisnis model yang lebih baik dengan dukungan pemerintah melakukan infrastructure sharing," tambahnya.


Dengan adanya infrastructure sharing, tentu saja ini akan membantu model bisnis dan juga perkuatan jaringan yang lebih baik. Donny mengaku Tri sendiri sebenarnya telah melakukan infrastructure sharing dengan operator lain lewat membangun fiber dan tower bersama-sama. Namun ia mengatakan pihak Tri masih menunggu regulasi pasti dari pemerintah mengenai hal ini.

Chief Commercial Officer Tri Indonesia Dolly Susanto turut menambahkan jika sebenarnya jaringan dari anak Hutchison Asia Telecommunications Limited sudah banyak yang terhubung dengan jaringan baru 5G.

"Jadi bisa ada transfer knowledge. Sudah banyak yang pakai 5G, kami sudah sangat siap seharusnya," Dolly menuturkan.

Kini 3 berupaya untuk terus memfokuskan diri membangun jaringan yang lebih luas dan lebih kuat di segala pelosok di Indonesia. Indonesia bagian timur menjadi salah satu tempat prioritas untuk tahun ini.



Simak Video "Risma Sujud ke IDI, dr Sudarsono Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)