Sabtu, 18 Jan 2020 16:02 WIB

Vietnam Komersialkan 5G Tahun Ini, Indonesia?

Adi Fida Rahman - detikInet
Ilustrasi 5G. Foto: Reuters
Jakarta - Vietnam berencana mengomersialkan layanan seluler 5G tahun ini. Lantas kapan Indonesia mau mengikuti langkah tersebut?

Pertanyaan tersebut coba disodorkan ke Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Dia mengatakan saat ini Indonesia masih tahap trial 5G.

Perusahaan-perusahaan, apakah itu pembuat chip, sistem, ponsel melakukan uji coba bersama operator seluler di Tanah Air, yakni Telkomsel, XL Axiata, Smartfren dan Indosat.

"Baik teknologi barat maupun Tiongkok, mereka sedang melakukan trial. Tetapi keputusan terkait dengan pilihan teknologinya belum kita lakukan karena banyak sekali pertimbangannya," kata Menkominfo saat ditemui di kantornya, Jumat malam (17/1/2020).


Adapun hal-hal yang dipertimbangkan meliputi teknologi yang harus dipilih. Pertimbangan lainnya faktor ekonomi dan geostrategis.

Karena itu Kominfo memberi kesempatan melakukan uji coba seluas-luasnya. Sembari itu pihaknya menata frekuensi khusus untuk 5G di band yang berada di bawah, tengah dan atas.

"Di tiga level itu untuk keperluan deployment," ujar Johnny.


Dalam kesempatan ini, Menkominfo memastikan kalau ibukota baru akan terselimuti 5G. Itu guna mendukung konsep ibu kota negara yang cerdas.

"Di sana nanti kita harapkan bisa mendukung digital goverment, digital business dan tentu kendaraan otonom. Bakal kami siapkan semuanya, tinggal nanti pilihan teknologi yang mana. Nah ini sedang dalam roadmap untuk ibu kota baru," jelasnya.


Vietnam Komersialkan 5G Tahun Ini, Indonesia?


Simak Video "Kominfo Tegaskan Tak Punya Akun di Situs Porno 'Pornhub'"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)