Senin, 13 Jan 2020 17:41 WIB

Setyanto Hantoro Punya PR Besar Bikin Telkomsel Lebih Profit

Agus Tri Haryanto, Agus Tri Haryanto - detikInet
Dirut baru Telkomsel Setyanto Hantoro. Foto: Telkomsel Dirut baru Telkomsel Setyanto Hantoro. Foto: Telkomsel
Jakarta - Segudang pekerjaan rumah telah menunggu Setyanto Hantoro sebagai Direktur Utama Telkomsel baru. Ia harus membawa 'kapal besar' bernama Telkomsel ke jalur yang tepat sasaran.

Sekretaris Jenderal Pusat Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi ITB Ridwan Effendi memaparkan setidaknya ada tiga poin utama yang harus diperhatikan Setyanto dalam menakhodai Telkomsel ke depannya.

"Pertama, mentransformasi pengguna 2G menjadi pengguna data. Kedua, permasalahan dengan OTT (Over The Top-red), di mana OTT yang biasanya paling dahulu menikmati ke-broadband-an jaringan. Ketiga, permasalahan interkoneksi berbasis IP yang perlu persiapan yang cukup panjang," tuturnya, Senin (13/1/2020).



Hal senada juga diungkapkan Pendiri IndoTelko Forum Doni Ismanto Darwin. Besarnya jumlah pelanggan 2G yang masih nongkrong di jaringan jadi tantangan Setyanto.

Kendati begitu, Doni berkeyakinan Setyanto tidak akan langsung mematikan layanan 2G begitu saja. Justru, bos baru Telkomsel ini akan menumbalkan layanan 3G ketimbangan 2G. Sebagai informasi, berdasarkan data terkini, Telkomsel memiliki jumlah pelanggan lebih dari 170 juta, di mana 120 juta di antaranya merupakan pelanggan data.

"Ketimbang matiin 2G mending matiin 3G karena investasi di 3G itu mahal, lebih mahal dari 4G. Tapi, Setyanto tidak akan langsung matiin jaringan 2G, lebih kepada ajak masyarakat secara alami pindah ke 4G," kata Doni.


Selanjutnya
Halaman
1 2