Banjir Bikin Layanan Telekomunikasi Terganggu

Banjir Bikin Layanan Telekomunikasi Terganggu

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 02 Jan 2020 13:53 WIB
Banjir rendam wilayah Jabodetabek di awal tahun 2020. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Musibah banjir yang menerjang wilayah Jabodetabek sejak kemarin hari pertama tahun 2020, membuat layanan telekomunikasi bermasalah. Begini penjelasan operator seluler seperti yang disampaikan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Musibah banjir di Jabodetabek yang terjadi dari Rabu (1/1) menyebabkan beberapa Base Transceiver Station (BTS) mengalami gangguan, dikarenakan pemutusan aliran listrik dari PLN. Adapun pemutusan ini berdasarkan faktor keamanan dan keselamatan.



Johnny memaparkan bahwa sampai Rabu malam, secara keseluruhan masyarakat/pelanggan masih bisa menggunakan layanan telekomunikasi, meskipun beberapa BTS di antaranya mati karena di lokasi BTS tersebut tidak memiliki backup power. Dikatakan Menkominfo, operator sampai mengerahkan mobile backup power dan genset portable agar pemancar sinyal tersebut tetap hidup.

Gangguan masih berlanjut pada hari ini, Kamis (2/1/2020) di mana layanan telekomunikasi tersendat gegara backup power tersebut hanya bertahan beberapa jam saja.

"Dan, operator seluler mengalami kendala untuk mengakses lokasi-lokasi yang BTS-nya down karena masih ada banjir," ungkap Johnny seperti dalam pernyataan tertulisnya.



Pada kesempatan ini, Kominfo menyebutkan kalau pihaknya akan terus melakukan monitoring terjadi jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler untuk melakukan pemulihan terhadap BTS yang masih down dengan menggunakan genset.

"Sehingga dapat berfungsi kembali secara normal walapun PLN masih memutuskan jaringan listrik dengan alasan kondisi yang belum aman," pungkas Menkominfo.