Rabu, 01 Jan 2020 15:41 WIB

BTS Terdampak Banjir, Layanan Seluler Alami Gangguan

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Unspslah Foto: Unspslah
Jakarta - Banjir di Jabotabek pada Rabu (1/1/2020) berimbas pada gangguan layanan seluler di sejumlah wilayah. Laporan yang terpantau di media sosial mengeluhkan tidak bisa internetan hingga susah sinyal.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan beberapa BTS berdampak banjir, lantaran padamnya supply listrik. Akibatnya layanan XL mengalami gangguan di sejumlah titik banjir.


"Saat ini team teknis kami di lapangan masih berupaya untuk melakukan upaya penyediaan supply listrik melalui genset untuk memastikan beberapa BTS yang terdampak tersebut bisa tetap beroperasi," kata perempuan yang kerap disapa Ayu.

"Secara keseluruhan jaringan XL Axiata masih aman dan pelanggan masih bisa menggunakan layanan kami," pungkasnya.

Hal yang sama disampaikan Turina Farouk, SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo. Dia mengatakan beberapa BTS mereka di sekitar wilayah Jabodetabek terkena imbas gangguan pasokan listrik akibat banjir. Ini berpengaruh pada layanan mereka di beberapa area yang terkena bencana banjir.

"Indosat Ooredoo menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang mungkin mengalami kendala layanan kami. Kami mohon kesabaran pelanggan karena kami masih terus berupaya sesegera mungkin memulihkan layanan kami," ujar Turina.


Sementara itu Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations and Special Project Smartfren mengungkap bencana banjir yang melanda Jakarta membuat beberapa site BTS terkena dampak. Kendati terjadi pemadaman listrik PLN, lantaran semua site sudah dilengkapi battery sebagai power supply cadangan sehingga tidak begitu berpengaruh terhadap kualitas layanan.

"Tapi Smartfren tetap mengerahkan tim teknis dan pemantauan sejak Rabu dini hari dan tetap disiagakan untuk antisipasi situasi dan kondisi ke depan," terang Munir.

Simak Video "Pakar Hidrodinamika Ini Larang Gubernur Anies Normalisasi Sungai"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)