Jumat, 20 Des 2019 20:48 WIB

Biar Gak Lemot, Ini Jurus Telkomsel Hadapi Nataru

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/inet Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Telkomsel memprediksi akan ada peningkatan lalu lintas data selama momen Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru) sebesar 26,34% dibandingkan periode sebelumnya. Jurus berupa optimalisasi jaringan jadi cara Telkomsel untuk mengatasi tren musiman ini.

Prediksi tersebut tak terlepas dari perilaku pelanggan yang sering berselancar di internet, seperti aktivitas di media sosial, streaming video, atau streaming musik. Khusus untuk layanan berbasis streaming sendiri, Telkomsel memperkirakan terjadinya kenaikan sebesar 51%.

Optimalisasi dan drive test jaringan di berbagai daerah di Indonesia jadi jurus Telkomsel dalam mengantisipasi lonjakan lalu lintas data tersebut.


Disebutkan, optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel meliputi penyediaan sebanyak 82 unit compact mobile base station (Combat) atau BTS mobile dikerahkan di lokasi-lokasi yang ramai dikunjungi masyarakat.

Anak perusahaan plat merah ini mendeteksi adai 533 Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia. Namun untuk momen Nataru, Telkomsel lebih memfokuskan optimalisasi jaringan di jalur tol, misalnya Trans Sumatra, Trans Jawa maupun Jakarta-Cikampek (Japek) layang yang baru diresmikan.
Biar Gak Lemot, Ini Jurus Telkomsel Hadapi NataruFoto: Agus Tri Haryanto/inet

"Di Natal dan Tahun Baru ini kita fokus juga ke tol-tol lainnya di seluruh Indonesia dari Jawa maupun Sumatera," kata VP Network Operation Quality Management Telkomsel Jabotabek Jabar Awal R Chalik di Karawang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2019).

Sebelumnya, Telkomsel telah memaksimalkan kapasitas jaringan di 16 ruas tol utama di Sumatera dan Jawa, termasuk 12 ruas tol, yang sudah dilayani lebih dari 2.200 BTS. Telkomsel mengklaim jalur tersebut telah terjangkau jaringannya 100% secara berkesinambungan.


Sedangkan di tol japek layang, Telkomsel memasang 171 BTS yang keseluruhannya sudah membawa pelanggan terhubung di jaringan generasi keempat, di mana 99 BTS di antaranya ditambah kapasitas bandwidth.

Selain itu di momen Nataru juga dihadirkan Posko Telkomsel Siaga di sejumlah titik POI yang diprediksikan akan jadi titik berkumpulnya masyarakat dalam jumlah besar, misalnya bandara, pelabuhan, terminal, stasiun, tempat wisata, pasar modern dan tradisional, tempat beribadah, rest area, dan lain sebagainya.

Simak Video "Tol Japek Padat, Polisi Perpanjang Contraflow Hingga Km 65"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)