Kamis, 19 Des 2019 18:10 WIB

Survei: Telkomsel Masih Jawara Operator Seluler RI

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi pengguna smartphone. Foto: Shutterstock Ilustrasi pengguna smartphone. Foto: Shutterstock
Jakarta - Di penghujung 2019, Opensignal kembali merilis laporan pengalaman jaringan seluler. Hasilnya, tak jauh berbeda dari laporan sebelumnya, di mana masih dikuasai oleh Telkomsel.

Ada lima operator seluler yang dianalisis pengalaman selulernya oleh Opensignal, yaitu Hutchison 3 Indonesia (Tri), Indosat Ooredoo, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata.



Menurut Opensignal, Telkomsel menguasai enam dari tujuh metrik yang dianalisis oleh perusahaan pemetaan cakupan nirkabel secara global tersebut. Enam metrik yang dimaksud, antara lain Pengalaman Video, Voice App Experience, Pengalaman Kecepatan Pengunduhan, Pengalaman Kecepatan Pengunggahan, Pengalaman Latency, dan Pengalaman Cakupan 4G.

Sementara itu, bila berbicara Ketersediaan 4G dipegang oleh Smartfren, kategori yang sama yang dimenangkan anak perusahaan Sinar Mas pada laporan Opensignal edisi sebelumnya.

Foto: Opensignal


"Dengan melihat sekilas pada tabel penghargaan di laporan terkini kami tentang Indonesia, nampaknya memberi kesan bahwa tidak banyak yang berubah. Telkomsel terus mendominasi, mempertahankan empat penghargaan dan memenangkan metrik kami yang baru yakni Jangkauan 4G dan Pengalaman Aplikasi Suara," kata Opensignal.

Di samping itu, Opensignal melihat bahwa pasar seluler mobile di Indonesia bergerak menuju kematangan.



Dalam laporan ini, perusahaan yang bermarkas di London, Inggris, telah menganalisis pengalaman jaringan seluler untuk pengguna Indonesia selama 90 hari yang dimulai pada Agustus, untuk melihat bagaimana cara lima operator yaitu 3, Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL dalam meningkatkan skornya.

"Selama penghargaan nasional tersebut, kami juga terjun lebih dalam ke 24 kota terbesar di Indonesia untuk melihat cara performa operator di lingkungan perkotaan," sebutnya.


Survei: Telkomsel Masih Jawara Operator Seluler RI


Simak Video "Internet 101, Cara Indosat Ooredoo Edukasikan Internet Baik"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)