Rabu, 18 Des 2019 09:34 WIB

'Biar Internet Ngebut, Operator Mending Tinggalkan 2G'

Agus Tri Haryanto - detikInet
Menkominfo Johhny G Plate. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Menkominfo Johhny G Plate. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Demi kecepatan internet Indonesia bisa lebih ngebut lagi, pemerintah mendesak operator seluler untuk mulai meninggalkan layanan 2G dan 3G di pelosok-pelosok daerah.

Adapun pada wilayah pelosok tersebut, seperti disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, diharapkan agar layanan 2G dan 3G tersebut diubah jadi 4G.

"Saya minta kepada perusahaan seluler dan telco companies untuk memastikan bahwa 2G, 3G, pelan-pelanlah mulai face out. Remote area, wilayah terluar, mari kita tempatkan 4G setidaknya di sana sebelum kita beranjak ke revolusi digital 5G," tutur Johnny di Jakarta, Selasa (17/12/2019).


Menkominfo mengatakan layanan 2G merupakan teknologi lama, di mana keberadaannya waktu itu dihadirkan di wilayah-wilayah Indonesia dalam rangka pengembangan.

"Tapi, sekarang pada saat sudah bermigrasi ke 4G LTE, yang 2G, 3G, marilah pelan-pelan pindah k3 4G agar bisa mendorong kecepatan data, transmisi data di daerah-daerah," ujarnya.

Ketika ditanya apakah Menkominfo sudah membahas persoalan ini dengan operator seluler, Johnny hanya mengucapkan kalau mereka sudah melakukan perhitungan dengan baik.

"Kalau harapan Kominfo, ya meneruskan harapan rakyat, yaitu speeed internetnya cepat, itu yang disampaikan," ungkap Politisi Partai NasDem ini.

"Kita harapkan perusahaan-perusahaan seluler itu bisa mulai menyusun, supaya kualitas layanan internet di daerah, sudah ada tower, Vsat, power, bisa ada sinyal dengan kecepatan yang lebih baik untuk internet, kan begitu harapannya," pungkasnya.

Simak Video "Menkominfo Sebut Netflix Tak Perlu Diblokir tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)