Axis Terus Tingkatkan Jaringan Agar Gaming Makin Nyaman

Axis Terus Tingkatkan Jaringan Agar Gaming Makin Nyaman

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 16 Des 2019 21:12 WIB
Foto: dok. Axis
Jakarta - XL Axiata lewat anak usahanya Axis akan terus meningkatkan kapasitas jaringannya. Hal ini juga dilakukan untuk membuat gaming menjadi lebih nyaman.

Axis memang melihat meningkatnya pengguna mobile game di jaringannya, rata-rata sebesar 50% sejak April lalu hingga sekarang. Untuk memanjakan gamer yang membutuhkan jaringan dengan latensi rendah, Axis akan terus meningkatkan jaringan di kota hingga pelosok daerah.

"Mobile gaming paling penting kan latensi, itu yang sering dikeluhkan teman-teman. Di 4G latensi kita jaga selalu rata-rata di bawah 100ms, bahkan di 4,5G kita bisa achieve 70ms," kata Group Head Commercial GTM XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono saat ditemui di Jakarta, Senin (16/12/2019).

Peningkatan jaringan ini dilakukan dengan mobilisasi base transceiver station (BTS) menjadi 4,5G. Saat ini sudah 50% tower di kota besar yang dimobilisasi, dan pada tahun depan ditargetkan menjadi 70%.
Axis pun baru saja meluncurkan fitur Axis Unlimited Gaming yang memberikan tambahan kuota sebesar 1GB khusus untuk gaming. Rahmadi mengatakan pengguna Axis yang ada di pelosok daerah tidak perlu khawatir jika ingin memanfaatkan fitur ini karena akan diakomodasi dengan jaringan Axis yang mumpuni.

"Jadi di network kita punya analitik di daerah mana latensinya sudah berapa. Sudah pasti latensinya di bawah 100ms. Kalau ada latensi lebih dari itu kita akan cari cause of problem-nya apa ," jelas Rahmadi.

"Tapi kita jaga average-nya pasti bagus. Begitu kita lihat merah, di situ kelihatan gamer merasalatensinya tinggi itu tidak akan lama kita improve,"pungkasnya.


Simak Video "XL Axiata Getol Bangun Jaringan di Daerah Pelosok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)