Solusi Perbankan dari Telkomsigma Diapresiasi Dunia

Solusi Perbankan dari Telkomsigma Diapresiasi Dunia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 11 Des 2019 14:04 WIB
Foto: Telkomsigma
Singapura - Solusi perbankan yang disediakan PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma), diapresiasi di kancah internasional dengan mendapat penghargaan International Innovation Awards (IIA) 2019.

Di ajang tersebut, Telkomsigma meraih penghargaan pada kategori produk, yakni AlphaBITS Next Generation. Adapun penghargaan ini diterima Telkomsigma usai anak perusahaan Telkom itu memberikan inovasi solusi layanan perbankan dalam memberikan layanan bagi nasabah.

"Apresiasi Internasional Innovation Awards (IIA) 2019, merupakan hasil dari kepercayaan pelanggan yang telah diberikan kepada Telkomsigma. Juga pembuktian kami, yang terus berinovasi dan melakukan pengembangan teknologi perbankan, hingga positioning AlphaBITS NG sebagai solusi perbankan bukan hanya mendukung perbankan di Indonesia namun juga Regional," ujar Sihmirmo Adi, CEO Telkomsigma, seperti dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/12/2019).



AlphaBITS pada tahun 1989 telah menjadi pionir layanan core banking lokal pertama di Indonesia. Sepanjang 30 tahun berkiprah mendukung bisnis perbankan, Telkomsigma sebagai mitra IT berupaya selalu melakukan pembaharuan dan pengembangan dan saat ini versi terbaru dengan merk AlphaBITS Next Generation (NG). Layanan ini dapat mendukung operasi perbankan digital dan dapat terintegrasi dengan platform lainnya baik untuk bank konvensional ataupun syariah.

"Kami bersyukur dan juga berterima kasih kepada seluruh perbankan yang telah mempercayakan Telkomsigma sebagai mitra bisnis. Tercatat hingga saat ini, lebih dari 15 perbankan dan juga lebih dari 100 BPR telah memberikan kepercayaannya kepada solusi perbankan Telkomsigma", lanjut Sihmirmo Adi.

Sistem layanan AlphaBITS NG memiliki fleksibilitas yang sangat baik, terutama menyangkut regulasi atau kebijakan pemerintah di suatu negara, sehingga AlphaBITS bukan hanya dapat diimplementasikan di Indonesia, saat ini juga telah diterapkan oleh beberapa Bank di Negara Philipina.



Pengembangan AlphaBITS NG selanjutnya, Telkomsigma telah menyiapkan digital banking platform yang mampu memudahkan layanan perbankan melalui integrasi berbagai platform, baik e-commerce, online payment maupun fintech.

Selain itu juga didukung teknologi Artificial Intelligent yang akan memberikan value bagi bank dalam memberikan customer experience nasabah, serta teknologi blockchain yang akan meningkatkan nilai efisiensi dan agility dalam menjalankan proses layanan perbankan.

AlphaBITS pun menyediakan layanan Cardless Transaction dengan kode unik yang dibuat oleh sistem, nasabah dapat melakukan penarikan tunai dari mesin ATM dengan menggunakan kode tersebut.



"Kami juga menjamin sistem keamanan nasabah dengan adanya fitur yang dapat melakukan blokir kartu ATM via mobile apps tanpa perlu melakukan konfirmasi ke contact center bank terkait," sebutnya.

Sebagai The Preferred Digital Transformation Partner Telkomsigma akan terus melakukan pengembangan teknologi perbankan, di mana menjadi pondasi utama untuk terus mendukung bisnis industri perbankan dan finansial di Indonesia dan regional.

Simak Video "Rekam Jejak Abdee 'Slank': Musisi hingga Komisaris Telkom"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)