Rabu, 11 Des 2019 12:38 WIB

Laporan dari Shenzhen

Napak Tilas Perjalanan Oppo Bangun 5G

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ilustrasi 5G. Foto: Quartz Ilustrasi 5G. Foto: Quartz
Shezhen - Oppo sedang gencar-gencarnya mendukung pembangunan jaringan 5G. Bukan baru-baru ini saja Oppo melakukan pengembangan koneksi jaringan generasi kelima tersebut, melainkan sudah dari jauh-jauh hari.

"Oppo sebagai produsen yang siap karena dari tahun 2015 sudah membentuk tim standardisasi. Berarti itu menunjukkan Oppo sebagai vendor yang siap untuk komersialisasi 5G," kata PR Manager Indonesia Aryo Meidianto kepada detikINET.



"Apalagi (Oppo) telah mendapatkan pengakuan dari beberapa negara ya, menjalin kerjasama dan Swisscom, itu menandakan sebagai keberhasilan Oppo. Handset masuk ke negara Eropa itu kan menandakan kepercayaan sejumlah negara untuk menggunakan perangkat jaringan dari Oppo," sambungnya.

Dijelaskan Aryo, Oppo membentuk tim awal untuk standarisasi 5G pada April 2015. Pada Mei 2018, Oppo pun memperkenalkan demonstrasi teknologi video 5G pertama berdasarkan cahaya berstruktur 3D (3D structured light).

Oppo turut menjalankan basis akses internet 5G pada uji komunikasi nirkabel yang ditetapkan pada Oktober 2018. Perjalanannya mengembangkan Oppo makin terlihat dari demonstrasi sampel Find X 5G pada Konferensi Mitra Global China Mobile pada bulan Desember 2018.

Tak lama berselang, Oppo memperkenalkan ponsel komersial 5G pertama Oppo di acara Oppo Innovation 2019 pada Februari 2019. Oppo pun melakukan siaran langsung seluler pertama di dunia pada jaringan 5G dengan smartphone Oppo pada Februari 2019.



Baru-baru ini, Oppo meluncurkan komersialisasi perangkat Oppo Reno 5G pertama kali untuk pasar Eropa pada Mei 2019 dan melakukan uji panggilan pertama melalui panggilan internet (VOIP) pada jaringan 5G di Indonesia pada 28 November 2019.

Hingga kini, ada 4 research center dan 6 research institute yang didirikan Oppo untuk membangun teknologi terbaru, termasuk jaringan 5G yang lebih baik.

Simak Video "Oppo Reno2 Tawarkan Keunggulan Video untuk Konten Kreator "
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)