Selasa, 10 Des 2019 19:40 WIB

Laporan dari Shenzhen

Kemampuan 5G Akan Kejutkan Manusia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Meski terbilang teknologi baru, 5G diprediksi akan berkembang secara pesat di masa mendatang. Hal ini diungkapkan langsung oleh Analis Tom Morrod dari IHS Markit Technology.

"5G adalah konektivitas yang kini dibicarakan industri. Ini adalah perubahan kemampuan konektivitas terbesar yang pernah kita saksikan selama bertahun-tahun dan ini memiliki fitur serta road map yang penting," kata Tom di Shenzhen, China, Selasa (10/12/2019).

Teknologi 5G ini sendiri merupakan salah satu topik yang dibahas di Oppo Inno Day. Adapun teknologi jaringan kelima ini seakan jadi primadona di kalangan industri.



Tom mengungkapkan rasa optimis kalau 5G akan berkembang sangat pesat dan bisa digunakan di berbagai format, bahkan pada hal lain yang tak terduga dan menarik.

"Ada beberapa kapabilitas yang tidak pernah kita lihat pada perangkat mobile dengan konektivitas 5G, ini akan memungkinkan kehadiran Internet of Things (IoT) yang masif," ujarnya.

Sebagai informasi, IoT adalah sebuah konsep di mana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT dari beberapa riset salah satu dominasi integrasi dengan teknologi yang telah ada

Masih kata Morrod, 5G juga bisa membuat kita mendapatkan transmisi kecepatan data lebih banyak. Ini berarti adalah kehadiran teknologi yang bisa memberikan berbagai kelebihan pelayanan.



"5G juga memiliki beberapa kemampuan kritis terhadap kemungkinan hal penting, kecepatan tinggi, akses tinggi, serta ketersediaan jaringan untuk hal-hal utama," ucapnya.

Sedangkan Levin Liu, Vice president, Head of research Insitute Oppo menjelaskan, Oppo telah memiliki paten 5G di lebih dari 20 negara. Ia pun menuturkan soal penjualan ponsel 5G di Swiss yang telah dilakukan Mei lalu dan berbagai hal yang dilakukan Oppo terkait perkembangan 5G.

"Sebelumnya ada yang kami sebut Oppo Technnovation, kami selalu mencari cara untuk memberikan pengalaman personal terbaik dengan teknologi untuk global," ucapnya.

Kemampuan 5G Akan Kejutkan Manusia


Simak Video "Nggak Cuma Boyong Teknologi, Huawei Juga Transfer Ilmu Soal 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)