Apa Sih Untungnya Pakai eSIM?

Apa Sih Untungnya Pakai eSIM?

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 09 Des 2019 18:38 WIB
Mouldie Satria. Foto: detikINET/Adi Fida Rachman
Jakarta - Selain iPhone, ponsel flagship Android bakal dibekali eSIM. Pasalnya eSIM tidak hanya memberikan kemudahan, tapi juga menghadirkan banyak keuntungan.

Demikian diungkap Mouldie Satria, Tech Reviewer SobatHape. Dijelaskannya eSIM merupakan embed SIM. Artinya dalam ponsel tersebut sudah ada SIM Card hanya masih kosong. Dalam pemasangan, eSIM jauh lebih mudah ketimbang yang ada sekarang.

"SIM Card kan harus pakai colokan, ditaruh tray dan dimasukkan, itu saja sudah mudah. eSim itu semudah mobile payment, buka kamera kemudian scan barcode," terang Mouldie saat ditemui usai peluncuran eSIM Smartfren untuk iPhone, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Dengan menggunakan eSIM akan memudahkan ketika ke luar negeri. Pengguna dapat membeli layanan data di negara tujuan tanpa perlu mengganti SIM Card fisiknya. Mereka hanya tinggal memindai QR Code dan akan langsung mendapatkan plan datanya.


Penggunaan eSIM pun dapat mengurangi sampah elektronik SIM Card. Karena kebanyakan orang setelah menggunakan SIM Card akan langsung membuangnya.

"Sampah-sampah yang kayak gitu makin sedikit. Malah bisa dibilang sampah eSIM hampir tidak ada," kata pria lulusan Teknik Lingkungan ITB itu.

Dengan tidak adanya SIM Card fisik, maka akan mengurangi biaya produksi operator. Imbasnya, paket data yang akan ditawarkan operator jauh lebih murah.

Mouldie yakin eSIM bakal diadopsi lebih banyak ponsel dalam satu atau dua tahun ke depan. Dan apabila itu terjadi pengguna akan mendapatkan lebih banyak fitur baru di ponselnya.

Sebab dengan berkurangnya ruang untuk SIM Card, maka akan lebih banyak tempat bagi vendor memasukan fitur barunya. Ini seperti ketika Apple menanggalkan jack audio 3,5 mm di iPhone.

"Ketika jack audio 3,5 mm dihilangkan, Apple memberikan sound chamber di speaker iPhone sehingga suaranya jauh lebih enak," kata Moudie mencontohkan.

"Walaupun nano SIM Card tidak terlalu besar. Namun tetap butuh ruang untuk tray dan reader. Ketika hilang vendor bisa menambahkan fitur-fitur. Sekarang zamannya kamera banyak, digantikannya SIM Cardnya jadi eSIM, mungkin kita bisa mendapatkan satu kamera lagi di smartphone," pungkasnya.

Apa Sih Untungnya Pakai eSIM?


Simak Video "iPhone 11 Mendarat, Smartfren Targetkan 200 Ribu Pengguna eSIM Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)