Jumat, 06 Des 2019 16:03 WIB

PM Inggris Pakai Ponsel Huawei Bikin Heran

Fino Yurio Kristo - detikInet
Boris Johnson pakai ponsel Huawei. Foto: Mirror
London - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, kedapatan memakai ponsel Huawei untuk selfie. Hal itu menimbulkan keheranan karena sebelumnya, dia terindikasi ingin menjegal Huawei dari jaringan 5G negara itu.

Dikutip detikINET dari South China Morning Post, Boris terlihat memakai Huawei P20 Pro dalam acara televisi ITV. Ia berfoto selfie dengan ponsel itu bersama penyiar.

Juru bicara Boris membantah bahwa ponsel itu milik Boris. Akan tetapi Holly Willoughby sang penyiar menyebut Boris yang memegang ponsel itu dan mengambil selfie, bukan dirinya. Hasil selfie pun tampil di Instagram Boris.


Inggris sebenarnya belum mengambi langkah tegas soal keterlibatan Huawei di jaringan 5G. Tapi Amerika Serikat terus menekan, terutama pada negara Five Eyes yang terlibat kerja sama intelijen, yaitu AS sendiri, Inggris, Kanada, Australia dan Selandia Baru.

AS menyatakan bahwa kemitraan tersebut bisa saja terancam seandainya Inggris membiarkan Huawei berperan dalam pembuatan jaringan 5G.

Boris sendiri terindikasi mulai keras sikapnya pada Huawei. Akan tetapi yang bikin heran dan jadi bahasan media di negara itu, dia menggunakan ponsel Huawei.

"Soal Huawei dan 5G, saya tidak ingin negara ini menjadi tidak ramah pada investasi dari negara luar," sebutnya.

"Di sisi lain, kita tidak bisa mengabaikan kepentingan keamanan nasional yang vital, juga kemitraan kita dengan mitra sekuriti Five Eyes, dan itu akan menjadi kriteria utama yang menginformasikan keputusan kita tentang Huawei," cetus Boris.



PM Inggris Pakai Ponsel Huawei Bikin Heran


Simak Video "Huawei Mate Xs Siap Diboyong ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)