Senin, 02 Des 2019 09:51 WIB

Telkomsel Optimalisasi Jaringan Jelang Natal dan Tahun Baru 2020

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Telkomsel Foto: Telkomsel
Jakarta - Telkomsel menjamin kelancaran jaringan dan layanannya pada saat Natal dan Tahun Baru 2020. Segala persiapan telah dilakukan Telkomsel, termasuk optimalisasi jaringan, agar pada momen tersebut layanan yang disediakannya tidak bermasalah.

Director Sales Telkomsel Ririn Widaryani menuturkan bahwa secara terjadwal, pihaknya secara konsisten melakukan uji coba dan optimalisasi jaringan di tengah lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal dan Tahun Baru.


"Dengan begitu, pelanggan dapat berkomunikasi, menggunakan data seluler, hingga menikmati layanan digital dari Telkomsel dengan nyaman dalam berbagai aktivitasnya sehingga semangat baru dalam menghadapi momen pergantian tahun dapat menyala di tiap-tiap diri pelanggan Telkomsel," ujar Ririn dalam keterangan tertulisnya.

Optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel dilakukan di 533 titik dengan menyediakan 82 unit compact mobile base station (Combat) atau BTS mobile yang dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat.

Secara keseluruhan, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) dan kawasan perbatasan. Dari jumlah tersebut, lebih dari 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data, termasuk pada momen Natal dan Tahun Baru.

Telkomsel Optimalisasi Jaringan Jelang Natal dan Tahun Baru 2020Foto: Telkomsel
Guna memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan selama musim liburan tersebut, terhitung sejak 20 Desember hingga 5 Januari, Telkomsel telah menyiagakan 324 Mobile GraPARI (MoGI) dan 3.716 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi layanan digital lainnya.

Pelanggan pun dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia. Kemudahan layanan pelanggan juga dapat dijangkau melalui layanan pesan instan, layanan self-service GraPARI virtual yang siap berinteraksi secara langsung dengan pelanggan.


Sebelumnya dilakukannya pengecekan jaringan, Telkomsel menggelar program Roadshow Naru 2019 yang merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) dengan memberikan bantuan kepada 2.500 masyarakat yang membutuhkan, 2.500 anak panti asuhan, dan 40 tempat ibadah atau yayasan sosial di seluruh Indonesia.

Roadshow Naru 2019 akan hadir di empat kota di Indonesia, yaitu Pekanbaru (5 Desember), Bogor (9 Desember), Malang (12 Desember), dan Pontianak (19 Desember). Sepanjang penyelenggaraannya, program tersebut diisi dengan santunan, perbaikan yayasan atau tempat ibadah, workshop, hingga lomba kreativitas bagi anak-anak.

Simak Video "Ini Penjelasan soal Gangguan Jaringan Internet Telkomsel"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)