Kamis, 28 Nov 2019 18:52 WIB

Telkomsel Sukses Uji Coba 5G di Batam

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Foto: Fitraya Ramadhanny/detikINET Foto: Fitraya Ramadhanny/detikINET
Jakarta - Penggunaan jaringan 5G makin mendekati kenyataan. Telkomsel sukses menguji coba 5G untuk industri di Batam.

Setelah menghadirkan 5G dalam Asian Games 2018, Telkomsel kembali menjajal kemampuan jaringan ini di Batam. Acara Telkomsel 5G for Industry digelar di Telkom Smart Office Batam, Kamis (28/11/2019).

"Batam kita pilih karena sejarahnya, pertama kita mulai dari sini. Batam punya arti sebagai kota kelahiran kita. Kedua, kota ini juga relevan untuk industri dan gerbang perdagangan internasional," kata Plt CEO Telkomsel Heri Supriadi, di Batam.



Dengan ini, Telkomsel menegaskan siap dengan jejaring 5G dan pemanfaatannya, dimulai dari kebutuhan industri. Direktur Planning and Transformation Telkomsel Edward Ying mengatakan, akan ada banyak keuntungan dan pemanfaatan 5G pada nantinya.

"Dengan sampai 20 Gbps artinya koneksi juga lebih cepat, streaming juga jadi lebih baik. 5G bisa membawakan kita kesempatan untuk teknologi mobil otonom, drone, hiburan, smart factory dan smart city," kata Edward.

Dalam acara ini, dijajal pula video call perdana dengan koneksi 5G antara para petinggi Telkomsel dengan President Director Ericsson Indonesia, Jerry Soper. Ada juga uji kecepatan 5G dengan Oppo Reno 5G yang dipandu PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

Telkomsel Sukses Uji Coba 5G di BatamFoto: Fitraya Ramadhanny/detikINET


Ada pula smart air patrol dengan drone, uji coba smart surveillance dengan face recognition, dan seamless gaming. Tidak lupa juga uji tontonan hiburan dengan kualitas gambar oke dari jaringan 5G.

Dalam acara ini hadir pula Dirjen Sumberdaya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Dr Ir Ismail MT. Dia menegaskan saat 5G bisa diimplementasikan nantinya, harus dipastikan Indonesia mendapatkan manfaat yang maksimal.



"Saya harap inovasi lahir dari Indonesia sendiri. Banyak yang menunggu 5G misalnya pendidikan butuh kualitas pengajaran yang merata sampai pelosok Tanah Air, kesehatan, ekonomi, semuanya dengan 5G dapat efek multiplier," ujar Ismail.

Simak Video "Ini Penjelasan soal Gangguan Jaringan Internet Telkomsel"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)