Jumat, 22 Nov 2019 17:46 WIB

Komitmen Telkomsigma Pada Data Center, Diganjar Penghargaan Internasional

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Telkomsigma Foto: Telkomsigma
Jakarta - Komitmen Anak usaha Telkom, Sigma Cipta Caraka (Telkosigma) dalam memberikan layanan data center bagi pelanggan diganjar penghargaan internasional, yakni Frost & Sullivan 2019.

Telkomsigma berhasil mengantongi penghargaan Frost & Sullivan 2019 untuk kategori Best Practice Awards untuk kategori Indonesia Data Center Services Provider of The Year.

Selama 21 tahun, Telkomsigma memberikan layanan data center bagi industri di Indonesia. Bila dilihat sejarahnya, sejak tahun 1998, perusahaan ini menjadi yang pertama terjun sebagai provider layanan data center dengan skema outsource yang berlokasi di Serpong, di mana sebelumnya bergerak di bisnis hardware.



Setelah akhirnya kepemilikan perusahaan 100% menjadi anak perusahaan Telkom, perusahaan ini kemudian yang dikenal dengan nama Telkomsigma semakin memperluas kapabilitas layanan data center dengan memiliki tiga data center utama berlokasi di Serpong, Surabaya dan Sentul, juga mengelola 14 data center NeuCentrix yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia.

Coverage layanan data center Telkomsigma bukan hanya mencakup colocation, DRC (Disaster Recovery Center) dan working room saja, namun juga backup/restore, batch process, dan remote/smart hands di mana dapat dilakukan set up firewall, konfigurasi, sirkuit testing, dan lain-lain. Layanan cross connect akan membantu perusahaan untuk monitoring dan mengendalikan aset jaringan, juga mengurangi latensi dan meningkatkan manajemen waktu. Tidak luput juga layanan communication link dan SDN (Software Defined Network).



Melalui Layanan Data Center Professional Services, Telkomsigma akan mendukung perusahaan dalam melakukan data center assessment, konsultasi dan desain, konstruksi, sertifikasi, dan data center managed operation. Lebih dari 250 perusahaan telah memberikan kepercayaannya terhadap Telkomsigma yang menjamin akan keamanan data dan operasional bisnis.

"Penghargaan yang dinobatkan Forst & Sullivan Asia-Pasific melalui Best Practice Award sebagai Indonesia Data Center Services Provider of the year 2019, meyakinkan kami akan besarnya kepercayaan pelanggan terhadap konsistensi Telkomsigma dalam memberikan layanan terbaik dan manajemen operasi data center guna menjaga keamanan dan keberlangsungan operasional bisnis pelanggan" Ujar Sihmirmo Adi, CEO Telkomsigma.



"Kepercayaan pelanggan merupakan faktor penting bagi kami, security dan reliability juga Kesiapan sumber daya manusia profesional menjadi hal fundamental bagi Telkomsigma, sehingga kami menyediakan infrastruktur yang mampu menjamin value kepada industri di Indonesia. Atas dasar tersebut kami (Telkomsigma) sangat berterima kasih kepada seluruh perusahaan yang telah mempercayai kami sebagai mitra IT untuk terus melakukan pengembangan bisnisnya," tambah Adi.

Sertifikat Tier IV Construction Facilities dari Uptime Institute juga membuktikan bahwa layanan Telkomsigma sudah sesuai dengan standar data center tier berkelas internasional, juga data center Surabaya Telkomsigma menjadi pangkalan data satu-satunya di kawasan Asia Tenggara yang menerima Sertifikat Tier III TCOS Gold.

Menghadapi tahun 2020, Telkomsigma siap mendukung baik dari sisi spesifikasi teknis dan SDM dalam kelola managed services operation pada rencana pembangunan data center Telkom Group seluas 6,5 hektar.

Simak Video "Soal Investor Cloud, Menkominfo Harap Ada Perusahaan Listrik Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)