Kamis, 31 Okt 2019 19:04 WIB

China Luncurkan Jaringan 5G Terbesar di Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Iklan 5G di China. Foto: Reuters Iklan 5G di China. Foto: Reuters
Beijing - Tiga operator China yang adalah milik negara, mengumumkan digelarnya jaringan 5G yang disebut terbesar di dunia mengingat masifnya wilayah dan penduduknya. Ini adalah salah satu langkah kunci bagi China dalam ambisinya menjadi superpower dalam bidang teknologi.

Dikutip detikINET dari Reuters, China Mobile, China Unicom dan China Telecom telah menyatakan jaringan 5G mulai tersedia pada Jumat waktu setempat. Biaya untuk menikmati koneksi super cepat itu mulai 128 yuan atau Rp 253 ribu per bulan.

Sebelumnya, Beijing menyebut baru akan meluncurkan 5G pada awal tahun depan. Namun rencana itu dipercepat, dipicu oleh perang dagang dengan Amerika Serikat yang antara lain berdampak pada raksasa telekomunikasi Huawei.


"China akan memiliki jaringan komersial 5G terbesar di dunia dan skala jaringanya serta harga layanan 5G akan berdampak pada seluruh rantai distribusi," tulis laporan Bernstein.

Rencananya, akan dipasang lebih dari 50 ribu BTS 5G di 50 kota seluruh China sampai akhir tahun ini. Kota besar semacam Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Hangzhou sudah diselimuti 5G.

Di sisi lain, vendor smartphone domestik sudah mempersiapkan beragam smartphone 5G. Xiaomi dan Huawei misalnya, telah memperkenalkan perangkat 5G meskipun banderolnya masih mahal.

Xiaomi baru-baru ini mengatakan akan meluncurkan lebih dari 10 ponsel 5G tahun depan dengan beragam rentang harga.



China Luncurkan Jaringan 5G Terbesar di Dunia


Simak Video "Nggak Cuma Boyong Teknologi, Huawei Juga Transfer Ilmu Soal 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)