Minggu, 27 Okt 2019 20:44 WIB

Gaet Telkomsel, Pemkab Sumedang Mau Bikin Desa Digital

Mukhlis Dinillah - detikInet
Foto: Mukhlis Dinillah/detikcon Foto: Mukhlis Dinillah/detikcon
Sumedang - Telkomsel menjalin kerja sama dengan Pemkab Sumedang dalam penerapan teknologi digital di pedesaan. Perusahaan pelat merah ini akan memberikan sentuhan digitalisasi dalam pelayanan publik hingga pengembangan UMKM.

MoU kedua belah pihak berlangsung di Gedung Negara, Kabupaten Sumedang, Minggu (27/10/2019). Penandatanganan kerja sama dilakukan langsung Dirut Telkomsel Emma Sri Martini dengan Bupati Sumedang Doni Ahmad Munir.



Emma mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk dukungan Telkomsel terhadap pemanfaatan teknologi digital untuk membangun Smart City (kota pintar). Sehingga, perlu sentuhan dari baik sisi fisik maupun sumber daya manusia.

"Telkomsel hadir untuk berkolaborasi dalam memanfaatkan teknologi berbasis digital mendorong terwujudnya smart city di wilayah Sumedang. Kita akan mengembangkan ekosistem edukasi dan ekonomi berbasis teknologi melalui peningkatan mutu dan jenis layanan pemerintah, SDM setempat," kata Emma kepada detikcom.

Ia menuturkan pihaknya menyiapkan berbagai solusi dan layanan digital yang dapat diimplementasikan di pemerintahan Sumedang. Di antaranya solusi pengelolaan pajak, kesehatan, analisis media, keamanan, dan lainnya.

Menurutnya untuk mendorong pengembangan UMKM di Sumedang, pihaknya menghadirkan 99% Usahaku. Platform layanan berbasis aplikasi ini akan membantu pelaku bisnis UMKM lewat konten digital learning, artikel informasi bisnis, fitur forum komunikasi serta akses cakupan pasar yang lebih luas.

"Dukungan ini diharapkan dapat membantu mengakselerasi potensi ekonomi Sumedang, mengingat sektor UMKM merupakan salah satu sarana terpenting untuk penyerapan tenaga kerja dan pemerataan ekonomi masyarakat menengah ke bawah," tutur dia.

Tidam hanya itu, pihaknya sudah lebih duku menjalakan program Baktiku Negeriku dalam bentuk pendampingan pedesaan melalui penyediaan akses informasi dan pemberdayaan masyarakat berbasis digital. Baktiku Negeriku berlangsung pada 25 - 26 Oktober di Desa Bojongloa, Sumedang.



"Di sana kita menanamkan gerakan peduli lingkungan (green movement) serta memberikan edukasi kewirausahaan, literasi keuangan juga pemasaran digital, melalui pemanfaatan platform aplikasi digital yang diberi nama Baktiku Negeriku. Kita juga menyediakan fasilitas digital center yang berisi perangkat komputer beserta akses internetnya yang dapat dimanfaatkan warga," ujar Emma.

Simak Video "Ini Penjelasan soal Gangguan Jaringan Internet Telkomsel"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)