Selasa, 15 Okt 2019 21:13 WIB

Pemerintah Kaji Tol Langit Khusus Ibu Kota Baru

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Unspslah Ilustrasi. Foto: Unspslah
Jakarta - Setelah meresmikan Palapa Ring secara nasional, pemerintah tengah mengkaji untuk membangun Palapa Ring khusus ibu kota baru negara yang terletak di Kalimantan Timur. Proyek infrastruktur ini diharapkan jadi penyokong ketersediaan internet cepat di wilayah tersebut.

"Kita lagi menyiapkan kajiannya. Kita juga bicara dengan operator selalu untuk menyelesaikan persoalan telekomunikasi dan berkolaborasi dengan operator," kata Direktur Utama Badan Aksesibilitas dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Anang Latief di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Anang menjelaskan dalam pembahasan dengan operator seluler ini, pemerintah akan memetakan daerah mana saja yang akan dibangun oleh para penyelenggara telekomunikasi ini yang dinilai menarik secara bisnis.


"Bagaimana titik lokasinya. Kita harus tahu kekuatan listriknya, jalur yang akan dibangun," sebutnya.

Anang secara personal belum mengetahui kapan proyek Palapa Ring khusus ibu kota negara baru ini akan dimulai pemerintah. Ia justru mengatakan kebijakan tersebut tergantung dari waktu perpindahan dari Jakarta ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara itu.

"Saya nggak tahu Pak Jokowi pindah kapan. (Tapi) itu kita jamin sebelum pemerintah menyatakan resmi pindah, telekomunikasi sudah selesai," pungkasnya.

Sekedar informasi, Palapa Ring ini merupakan proyek pembangunan tulang punggung jaringan serat optik. Adapun nama Palapa itu diambil dari Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Patih Gajah Mada yang bertekad untuk menyatukan Nusantara. Dalam konteks ini, Palapa Ring untuk menyatukan Nusantara dengan koneksi internet.



Simak Video "Jokowi Resmikan Palapa Ring, Tulang Punggung Internet Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)