Senin, 14 Okt 2019 11:58 WIB

'Tol Langit' Diresmikan, Jokowi Singgung Pohon WhatsApp

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Presiden Jokowi dengan Menko Minfo Resmikan Tol Langit (Andhika/detikcom) Foto: Presiden Jokowi dengan Menko Minfo Resmikan Tol Langit (Andhika/detikcom)
Jakarta - Hadirnya 'Tol Langit' Palapa Ring diharapkan Presiden Joko Widodo dapat mengatasi ketimpangan digital. Jokowi mengalami sendiri koneksi lemot di sejumlah daerah di Indonesia.

Menurut Jokowi ada daerah yang sangat kencang, ada yang sangat lemah koneksi internetnya. Bahkan ada yang blank sama sekali.


"Sayakan senengnya nyoba-nyoba. Jangankan kirim video atau gambar, kirim teks aja sangat lambat, panggilan suara saja terputus-putus," keluhnya.

Presiden mengaku sering mendapat keluhan dari masyarakat, terutama dari daerah timur, seperti Rote dan Wamena. Karena lemahnya sinyal banyak warga yang harus mendekat ke menara BTS untuk mencari sinyal untuk berkomunikasi.

'Tol Langit' Diresmikan, Jokowi Singgung Pohon WhatsAppFoto: Presiden Jokowi dengan Menko Minfo Resmikan Tol Langit (Andhika/detikcom)

"Kalau mau cepat coba cari BTS di mana, biasa masyarakat sebut pohon SMS. Deket-deket biar bisa SMS. Mungkin kalau sekarang bukan pohon SMS lagi, tapi pohon WA (WhatsApp)," ujar Jokowi yang langsung disambut tawa.

Ini adalah sebutan ketika masyarakat berkerumun di dekat tiang BTS demi mendapatkan sinyal. Dari situ lahir sebutan pohon SMS.


Karenanya pemerintah berkomitmen untuk menuntaskan pembangunan Palapa Ring sebagai infrastruktur tol langit. Agar tidak hanya dapat memajukan sektor ekonomi, tapi memajukan sekor sosial, politik dan budaya kita.

"Konektivitas digital ini kita harus manfaatkan untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa, penguatan persatuan dan persaudaraan kita, memperbaiki pendidikan kita, dan memperkuat perdagangan produk-produk UMKM ke jaringan pasar nasional bahkan global," tegas Jokowi.

Simak Video "Tol Langit Beroperasi, 4.000 BTS Ekstra Segera Dibangun"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)