Laris Manisnya Palapa Ring Timur Jadi Incaran Operator

Laris Manisnya Palapa Ring Timur Jadi Incaran Operator

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 14 Okt 2019 08:21 WIB
Palapa Ring Timur. Foto: Syahdan Alamsyah/detikINET
Sorong - Tak hanya segmen Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Tengah saja, Palapa Ring Timur juga rupanya banyak diincar oleh para operator.

Kepala Divisi Infastruktur Backbone Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Feriandi Miza mengatakan, setelah pembangunan rampung, saat ini ada dua operator yang melakukan uji coba jaringan paket timur ini, salah satunya Telkom. Selain itu, diakuinya, masih ada belasan operator lainnya yang menyatakan minatnya.

"Ada 10-16 operator yang menyatakan minat menyewa di Timur. Ada yang di segmen NTT (Nusa Tenggara Timur), ada yang di Papua," ujar Feriandi saat ditemui di Sorong, Papua Barat.



Pria yang kerap disapa Andi ini, tidak menyebut detail siapa saja yang tertarik paket timur tersebut. Tapi, beberapa di antaranya operator seluler yang belum eksisting di Papua dan Papua Barat.

Terkait tarif yang telah ditetapkan, pihak Bakti belum mendapatkan feedback, apakah dirasa kemahalan atau tidak. Namun, tarif yang ditetapkan sudah dihitung berdasarkan nilai investasi dan sisi komersial.

"Kami belum mendapatkan feedback dari operator. Tapi, kalau melihat, kan kami menyusun tarif itu dari nilai investasi yang sudah dikeluarkan, kemudian dari sisi tingkat komersialisasi daerah atau peta layanan yang ada di sana. Sehingga, formula tersebut kami susun untuk menghitung tarif yang muncul kemarin," jelas Andi.



Untuk diketahui, Palapa Ring Timur menjangkau 51 kabupaten/kota yang melalui 4 provinsi, yaitu Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua, dan Papua Barat, terdiri dari 35 kabupaten/kota layanan dan 16 kabupaten/kota interkoneksi. Infrastruktur backbone yang ada di Palapa Ring Timur terdiri dari kabel serat optik darat, kabel serat optik bawah laut, dan radio microwave.

Palapa Ring Timur memiliki infrastruktur jaringan sepanjang 6.878 kilometer serat optik darat dan bawah laut, serta segmen jaringan radio microwave sebanyak 49 hop. Secara total, Proyek Palapa Ring menghubungkan 90 kabupaten/kota yang terdiri dari 57 kabupaten/kota layanan dan 33 kabupaten/kota interkoneksi melalui jaringan kabel serat optik sepanjang 12.148 kilometer yang terdiri dari kabel optik darat dan bawah laut serta juga segmen jaringan radio microwave sebanyak 55 hop.

Simak Video "Internet Ilaga Papua Lumpuh Ulah Pembakar BTS Palapa Ring"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)