Jumat, 11 Okt 2019 06:40 WIB

Presiden Jokowi Tunda Peresmian 'Tol Langit' Palapa Ring

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Palapa Ringyang rencananya akan diresmikan hari ini, Jumat (11/10/2019) oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), dinyatakan harus ditunda dulu.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ferdinandus Setu.


"Peresmian Pengoperasian Palapa Ring yang direncanakan dilakukan Jumat 11 Okt 2019 pukul 08.00 di Istana Merdeka ditunda," ujar Ferdinandus.

Sampai kapan penundaan peresmian proyek internet cepat ini, pemerintah enggan memberitahukannya lebih lanjut.

"Sampai pemberitahuan lebih lanjut," ucap Ferdinandus.

Begitu juga alasan penundaan Palapa Ring ini apakah berkaitan dengan insiden penusukan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto di Pandeglang, Kamis (10/10)

Diketahui, Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.


Belakangan, proyek ini dijuluki tol langit, sebagai perumpamaan yang dimaksudkan Rudiantara sebagai kehadiran sinyal yang membuat masyarakat Indonesia bisa lebih mudah berkomunikasi satu sama lain, baik di perkotaan maupun pelosok, berkat eksistensi infrastruktur telekomunikasi.

Palapa Ring yang terbagi ke dalam tiga segmen, yaitu Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur sudah dibangun konstruksinya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas dan Informasi (Bakti).

Simak Video "Jokowi Resmikan Palapa Ring, Tulang Punggung Internet Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)