Selasa, 24 Sep 2019 19:52 WIB

Sinyal Lelet di Sekitar Gedung DPR, Ini Kata Operator

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Para pendemo di sekitar gedung DPR MPR mengeluhkan sulitnya terkoneksi dengan internet, alhasil banyak yang menduga pemerintah tengah mencekik aksesnya. Benarkah?

detikINET pun coba mengonfirmasi ke operator seluler di Tanah Air. Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan sejauh ini pihaknya tidak melakukan pembatasan akses internet.



"Belum ada instruksi dari Kominfo. Kalau memang ada yang nggak bisa internetan, mungkin karena traffic," kata pria yang kerap disapa Abe saat ditemui di sela-sela acara ATSI di Jakarta (24/9/209).

"Kalau ada pembatasan pasti kami infokan," sebutnya.

Hal yang sama diungkapkan Head of External Communication XL Axiata Henry Wijayanto dan Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk. Keduanya memastikan layanan internet XL dan Indosat tidak dibatasi. Lambatnya akses kemungkinkan dikarenakan banyaknya pengguna di satu lokasi.

Sebelumnya, layanan telekomunikasi di sekitar gedung DPR MPR yang sedang didemo mahasiswa dikeluhkan lelet. Tidak hanya internet, layanan juga lambat saat mencoba layanan telepon.

"Kirim pesan WhatsApp sering centang satu walau akhirnya terkirim, lemot sekali. Kirim foto susah. Browsing juga begitu," kata Danang, seorang warga yang kebetulan berada di dekat lokasi.

Ia mengatakan bar sinyal di ponselnya dalam kondisi penuh, tapi telekomunikasi tetap saja mengalami gangguan. Layanan telepon pun sempat tersendat di dekat lokasi, walau akhirnya bisa lancar saat sedikit menjauh.

Danang menyatakan gangguan tidak dialami oleh dirinya saja. Akan tetapi juga oleh orang-orang yang berada di dekat gedung DPR MPR.


Dari pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menyebutkan tidak ada pembatasan internet yang dilakukan oleh pihaknya. "Tidak ada rencana untuk blokir internet di sekitaran DPR," ujar Ferdinandus Setu selaku Plt Kepala Humas Kominfo.





Simak Video "Jadi Calon Menteri, Begini Kinerja Nadiem Makarim di Mata Menkominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)