Selasa, 17 Sep 2019 18:00 WIB

Menkominfo Sebut Palapa Ring Si 'Tol Langit' Sudah Beroperasi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Palapa Ring paket tengah. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Palapa Ring paket tengah. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Proyek internet cepat Palapa Ring disebut telah beroperasi. Hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Ditemui di sela-sela acara Youth Dialogue 2019 yang dihadiri Menkominfo, disampaikannya bahwa proses integrasi dari masing-masing segmen, yaitu Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur sudah dilakukan.


"Sudah, sudah selesai, kemarin uji coba pada tanggal 31 Agustus video conference antara bupati Asnat, Gubernur Kaltim, dan Bupati Nunukan. Sudah (terintegrasi) dengannyang barat, tengah, dan sudah terintegrasi," ujar dia, Selasa (17/9/2019).

Itu artinya, proyek pembangunan tulang punggung serat optik nasional, khususnya untuk daerah pelosok tinggal menunggu peresmiannya. Namun untuk hal ini, Menkominfo tampaknya tak ingin neko-neko.

"Waduh peresmian itu masalah momentum lah, yang penting bisa jalan. Ya kan tidak harus peresmian ramai-ramai yang penting sudah beroperasi," tuturnya.

Diketahui, Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.


Belakangan, proyek ini dijuluki tol langit, sebagai perumpamaan yang dimaksudkan Rudiantara sebagai kehadiran sinyal yang membuat masyarakat Indonesia bisa lebih mudah berkomunikasi satu sama lain, baik di perkotaan maupun pelosok, berkat eksistensi infrastruktur telekomunikasi.

Simak Video "Usai Lepas Jabatan Menkominfo, Rudiantara Ingin Jaga Masjid Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)