Kamis, 05 Sep 2019 13:45 WIB

Operator Serentak Buka Gerbang Internet di Papua

Agus Tri Haryanto - detikInet
Operator Serentak Buka Gerbang Internet di Papua. (Foto ilustrasi: Ari Saputra/detikcom) Operator Serentak Buka Gerbang Internet di Papua. (Foto ilustrasi: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pemerintah sudah mencabut blokir akses internet di Papua dan Papua Barat per Rabu (4/9) malam. Operator seluler pun kembali membuka gerbang internet untuk warga di sana.

XL Axiata, yang layanannya tersedia di beberapa kabupaten di wilayah Indonesia timur tersebut, mengatakan pihaknya langsung mengikuti arahan pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Sudah dibuka tadi malam," ucap Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya di kantornya, XL Axiata, Jakarta, Kamis (5/9/2019).




Begitu juga Indosat Ooredoo. Operator seluler yang identik warna kuning merah ini telah melakukan normalisasi sebagian layanan data miliknya.

"Sesuai dengan arahan dari Pemerintah, Indosat Ooredoo telah melakukan normalisasi sebagian layanan data sehubungan dengan telah kondusifnya situasi di beberapa daerah di Papua dan Papua Barat," kata SVP-Head of Corporate Communications Turina Farouk.

VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin juga menuturkan bahwa wilayah pembukaan blokir mengikuti arahan Kominfo sesuai yang tercantum dalam Siaran Pers Kominfo, yaitu 19 Kabupaten di Provinsi Papua dan 10 kabupaten di Provinsi Papua Barat.





"Telkomsel akan menunggu arahan dan instruksi selanjutnya dari Kementerian Kominfo untuk pembukaan blokir layanan data/internet Telkomsel di wilayah lainnya di Provinsi Papua dan Papua Barat," ungkap pria yang disapa Abe ini.

"Kami berharap dengan dibukanya akses layanan data seluler tersebut pelanggan dapat kembali menikmati keunggulan layanan data berbasis broadband dengan teknologi terdepan seperti 4G LTE yang sudah tersebar di sebagian besar titik populasi untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari serta membangkitkan kembali ekosistem ekonomi digital di wilayah Propinsi Papua dan Papua Barat," ucapnya.




Simak Video "XL Axiata Getol Bangun Jaringan di Daerah Pelosok"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/krs)