Jumat, 23 Agu 2019 20:46 WIB

Sambut Ibu Kota RI Baru, Operator Siap Amankan Jaringan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Kementerian PUPR Foto: Kementerian PUPR
Jakarta - Operator seluler menyatakan kesiapannya dalam menyediakan infrastruktur jaringan telekomunikasi di lokasi ibu kota baru Indonesia.

Pembahasan calon ibu kota baru Indonesia kembali mengemuka, setelah Kalimatan Timur (Kaltim) disebut-sebut akan jadi penerus Jakarta, meski baru-baru ini pemerintah mengkoreksi kalau Kaltim hanya salah satu opsi.

"Di manapun lokasi Ibu Kota RI, kami, XL Axiata, siap untuk menyediakan jaringan yang terbaik. Pusat pemerintahan pasti membutuhkan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan data yang terbaik untuk mendukung aktivitas pemerintahan. Dan kami siap untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan sekaligus sebagai bentuk dukungan atas rencana besar pemerintah ini," ujar Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih.



Jika pemerintah menetapkan ibu kota Indonesia ini ditempatkan Kaltim, XL menyebutkan bahwa infrastruktur jaringannya di sana sudah cukup baik di sana. Jaringan XL telah didukung dengan backbone fiber optik yang menghubungkan Kalimantan dengan Sulawesi, Bali-Lombok, Jawa, dan Sumatera, begitu pula dengan jaringan antar kota di Kalimantan yang sudah didukung dengan fiberisasi.

"Begitu lokasi tepatnya ditentukan, maka kami pun akan mulai memperluas ekspansi jaringan di dalam Ibu Kota baru sejalan dengan proses perpindahan ibu kota nantinya," sambungnya.

Telkomsel juga menyatakan komitmennya dalam membuka akses komunikasi di seluruh wilayah Indonesia, di mana konsentrasi penggelaran jaringannya tak hanya berpusat di Pulau Jawa dan kota-kota besar, melainkan menjangkau berbagai daerah di Tanah Air.



"Kami siap mengawal pemerintah menjadikan Pulau Kalimantan sebagai lokasi ibu kota baru Indonesia di manapun nantinya. Berbekal infrastruktur jaringan terdepan yang tersebar di seluruh pulau, Telkomsel akan terus melanjutkan pembangunan teknologi digital di Kalimantan sehingga siap mengadopsi ekosistem teknologi digital yang lengkap dan berkelanjutan," ujar Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini.

Turina Farouk, SVP - Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo mengatakan pada prinsipnya Indosat Ooredoo dari sisi layanan dan jaringan telekomunikasi siap mendukung keputusan pemerintah terkait ibu kota baru.

"Dan sesuai dengan strategi yang sudah kami canangkan bahwa kami konsentrasi membangun jaringan luar Pulau Jawa, termasuk seluruh wilayah Kalimantan," pungkasnya.

Simak Video "Meninjau Ibu Kota Baru Berbasis Smart City dan Eco Friendly"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)