Rabu, 21 Agu 2019 18:18 WIB

XL Tiga Kali Jajal 5G, Yang Terbaru Lebih Dekat ke Konsumen

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - XL Axiata (XL) terbilang getol menjajal teknologi jaringan 5G. Sudah tiga kali melakukan uji coba, XL mulai mendekati segmen consumer pada kesempatan teranyar.

Diketahui bahwa setelah mendapatkan lampu hijau dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), sejumlah operator yang melakukan uji coba 5G kebanyakan memilih menjajaki implementasi teknologi jaringan kelima itu di kelas industri.

Indosat Ooredoo menggelar uji coba 5G dengan melakukan demo 3D Augmented Reality (AR) untuk dunia kesehatan. Telkomsel pamer kebolehan 5G lewat Experience Center di Asian Games 2018. Smartfren membidik industri di pabrik logistik pengiriman barang.

XL sendiri tercatat kali pertama menguji 5G pada 2017 lalu di luar ruangan (outdoor) pertama di Indonesia, dengan menampilkan demo pemanfaatan virtual reality (VR) dan uji kecepatan (speed test).




Uji coba kedua dilakukan Agustus 2018. Berlangsung di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, tes saat itu menyajikan sejumlah demo terkait penerapan 5G untuk mendukung smart city dan aktivitas layanan publik, antara lain pemeliharaan sungai, pengelolaan taman kota, serta monitoring kota dan pengangkutan sampah.

Sedangkan uji cob ketiga pada hari ini, Rabu (21/8/2019), menampilkan layanan komunikasi secara virtual melalui hologram dan memainkan cloud gaming. Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengungkap, setiap uji coba 5G oleh XL ini ada evaluasinya.

"Pertama itu baru coba prototype, itu kan alatnya segede troli bahkan perangkatnya juga belum ada. Tahun kemarin itu uji coba yang sudah lebih nyata, barang sudah ada, (sejumlah negara) tahun ini sudah ada yang komersial," tutur Yossie.




"Jadi, sebetulnya mau kasih lihat bahwa ini lebih dekat ke end user, lebih dekat ke consumer dengan modelnya hologram, cloud gaming. Kalau tahun kemarin lebih ke pemerintah, ini lebih consumer," sambungnya.

Yessie menambahkan, pihaknya terus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi terbaru. Uji coba jaringan generasi kelima ini adalah salah satu buktinya.

"Kami terus bersiap diri mengadopsi teknologi 5G yang merupakan teknologi jaringan yang tercanggih saat ini. Persiapan kami sangat serius di semua aspek dan saat ini kami terus membangun ekosistemnya, terutama jaringan data yang memadai," kata Yessie.

"Uji coba juga kembali kami laksanakan kali ini untuk lebih mengenal lagi berbagai aspek teknologinya dan implementasinya di jaringan kami. Kami berharap banyak hal yang bisa dipelajari dari uji coba ini," pungkas dia.




Simak Video "XL Axiata Getol Bangun Jaringan di Daerah Pelosok"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/krs)