Uji Coba 5G Lagi, XL Pamer Komunikasi via Hologram

Uji Coba 5G Lagi, XL Pamer Komunikasi via Hologram

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 21 Agu 2019 12:55 WIB
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - XL Axiata (XL) kembali menjajal teknologi 5G. Dalam uji coba kali ini XL memamerkan telekomunikasi virtual via hologram dengan memanfaatkan jaringan generasi kelima.

Uji coba yang dilakukan di Gedung XL Axiata, Jakarta, Rabu (21/8/2019), berlangsung selama satu hari penuh, setelah mengantongi izin khusus dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk melakukan uji coba di spektrum 28 GHz. Demonstrasi komunikasi virtual tersebut didukung alat dari Ericsson.

"Hari ini untuk melihat langsung manfaat dari jaringan 5G. Kalau tahun lalu kita sebut 5G versi satu karena fokua pada kecepatan, sekarang versi kedua yang fokus soal latensi," ujar Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya, dalam sambutannya di hologram.

Uji Coba 5G Lagi, XL Pamer Komunikasi via HologramFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Yessi menuturkan, kemampuan layanan komunikasi hologram ini tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan jaringan dengan kapasitas besar yang tidak lain adalah 5G.




"Selain media hologram, kita juga mengujicoba cloud gaming yang menggunakan jaringan 5G yang latensinya rendah," ungkap Yessie.

Secara teknis, uji coba ini melibatkan perangkat 5G dari sisi radio, antenna hingga core dan diimplementasikan melalui holographic call yang digunakan untuk pertemuan serta kolaborasi tanpa terbatas ruang dan waktu, sebagai wujud peningkatan kualitas kerja.

XL berharap, uji coba ini akan memberikan banyak masukan dan informasi yang bisa semakin mematangkan persiapan menuju implementasi 5G.




Pada implementasinya, holographic call di jaringan 5G akan memungkinkan digunakan untuk pertemuan jarak jauh, untuk berbagai sektor baik dari sisi industrial dan bisnis, maupun perorangan misalnya di sektor pendidikan, kesehatan dan lainnya. Sehingga dapat mendorong produktivitas SDM Indonesia.

Uji Coba 5G Lagi, XL Pamer Komunikasi via HologramFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Diketahui, XL telah menjajal 5G kali pertama pada 2017 lalu, yang merupakan ujicoba 5G di luar ruangan (outdoor) pertama di Inonesia dengan menampilkan demo pemanfaatan virtual reality (VR) dan uji kecepatan (speed test).

Kemudian disusul uji coba 5G yang kedua pada Agustus 2018, berlangsung di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Pada kesempatan tersebut ada sejumlah demo yang berkaitan dengan penerapan 5G untuk mendukung smart city dan aktivitas layanan publik, antara lain pemeliharaan sungai, pengelolaan taman kota, serta monitoring kota dan pengangkutan sampah.






Simak Video "XL Axiata Getol Bangun Jaringan di Daerah Pelosok"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/krs)