Sabtu, 03 Agu 2019 09:17 WIB

Telkomsel dan XL Axiata Pastikan Jaringan Aman Pascagempa Banten

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: XL Axiata Foto: XL Axiata
Jakarta - Kendati getaran gempa Baten terasa cukup kuat, hal tersebut tidak berimbas pada jaringan Telkomsel dan XL Axiata.

Dihubungi detikINET, Manager Media Relation Telkomsel Singue Kilatmaka mengatakan jaringan milik operator yang identik berwarna merah itu normal. Tidak ada gangguan base transceiver station (BTS) mengalami gangguan.


Kendati sempat ada satu kecamatan di Pandeglang yang mengalami mati listrik. Namun pasokan listrik untuk operasional di area tersebut bisa teratasi dengan bantuan baterai cadangan yang memang sudah di-standby-kan setiap saat. Sampai saat ini Telkomsel terus memonitor secara intensif.

"Saat ini pasokan listrik sudah normal semua di wilayah Pandeglang. Trafik komunikasi juga normal, terjadi kenaikan trafik sesaat setelah gempa namun tidak signifikan, hal ini dimaklumi karena biasanya masyarakat langsung saling berkabar jika terjadi bencana," kata Singue.

"Kami turut prihatin dengan bencana yang terjadi, semoga dampak yang ditimbulkan tidak mengganggu aktivitas masyarakat," imbuhnya.

Dampak gempa Banten.Dampak gempa Banten. Foto: Jeffrie/detikcom


Sementara itu Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih juga menginformasikan hal yang sama. Tidak ada kerusakan ataupun kendala pada keseluruhan jaringan XL Axiata setelah terjadi gempa di Banten.

"Sampai dengan saat ini secara keseluruhan jaringan xl Axiata masih aman atau normal. Dan kami masih terus melakukan pemantaun utk memastikan layanan kepada pelanggan atau masyarakat tidak mengalami gangguan," ujar perempuan yang kerap disapa Ayu itu.

Seperti diketahui gempa bumi magnitudo (M) 6,9 mengguncang Banten malam kemarin. Sejumlah rumah rusak akibat gempa tersebut.

Gempa dilaporkan terjadi pada pukul 19.03 Jumat (2/8/2019). Koordinat gempa berada di 7,54 LS dan 104,58 B.


Titik gempa berjarak 147 km arah barat daya dari Sumur, Banten, di kedalaman 10 km. Getaran gempa juga dirasakan di Jakarta, Bogor hingga Bali.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk sejumlah wilayah. Namun peringatan itu diakhiri pada pukul 21.35 WIB.

Simak Video "Waspada! Ini Titik Gempa Banten yang Berpotensi Tsunami"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)