Kamis, 20 Jun 2019 20:47 WIB

Kalau 4G Sudah Rata, Telkomsel Pilih Matikan 3G atau 2G?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Telkomsel mengungkapkan bahwa mereka belum ada niatan untuk mematikan 2G seiring penggelaran 4G terus dilakukan. Operator seluler ini bahkan lebih memilih mematikan 3G ketimbang 2G.

Manager Media Relation Telkomsel Singue Kilatmaka mengatakan, Telkomsel sampai saat ini terus menyediakan layanan 4G mereka di seluruh Indonesia, termasuk di daerah-daerah alias di luar kota besar.

"Sudah hampir semua, pembangunan kita tidak lagi 3G, semua sudah jaringan terbaru 4G. 3G yang sudah ada di-embed 4G. Bukan diganti ya, karena masalah mengganti 3G ke 4G itu lihat wilayahnya. Kalau sudah semua 4G, kita ganti 3G-nya. Kalau bertahap, kita tambahkan 4G," ungkap dia di Jakarta, Kamis (20/6/2019).




"4G kalau sudah dimanfaatkan, kita bisa tinggalkan salah satu jaringan. Telkomsel mungkin sudah sounding kalau kita arahnya akan mengurangi 3G, karena kita sudah punya 4G, nggak perlu double layer istilahnya. Kalau sudah 4G semua, sudah enak," sambungnya.

Dijelaskannya, keputusan itu dilatarbelakangi frekuensi yang dipakai layanan 4G bisa disinkronkan dengan layanan 2G. Menurut Singue, kalau secara personal corporate, itu lebih mengutungkan.

"(2G dimatikan) sampai saat ini belum (dimatikan) karena kebutuhannya masih ada, masih cukup tinggi. (3G) dimatikan segera, enggak akan dilihat dulu. Pak Ririek (mantan Dirut Telkomsel) juga bilang berpotensi untuk dimatikan 3G ketimbang 2G," ungkap dia.

Meski demikian, Telkomsel belum bisa memastikan kapan pastinya layanan 3G tersebut dimatikan total, begitu juga berapa jumlah pelanggannya yang menggunakan layanan tersebut. Namun yang pasti dari dari jumlah pelanggannya, 70% merupakan pengguna data.


(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed