Kamis, 20 Jun 2019 19:37 WIB

Telkomsel Masih 'PDKT' Soal Mitra 5G di RI

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Ari Saputra Ilustrasi. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Telkomsel menjelaskan bahwa sampai saat ini pihaknya terus menjajaki siapa mitra yang akan dipilih sebagai penyedia teknologi 5G untuk digelar di Indonesia.

"Sampai detik ini, Telkomsel itu belum secara resmi menunjuk mitra siapapun untuk persiapan 5G," ujar Manager Media Relation Telkomsel Singue Kilatmaka di Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Adapun sebelumnya, Telkomsel melakukan uji coba teknologi 5G dengan Huawei. Terbaru, anak perusahaan plat merah ini pun menguji teknologi jaringan generasi kelima yang disediakan oleh Ericsson.




"Pada prinsipnya, Telkomsel itu membuka selebar-lebarnya kemitraan dengan seluruh vendor siapapun, dari manapun, semuanya. Itu prinsip kami," ungkapnya.

Itu dikarenakan sejauh ini Pemerintah Indonesia juga belum merumuskan aturan 5G, baik dari spektrum yang akan dipakai hingga standarisasi teknologi masa depan tersebut. Sehingga, apa yang diuji bisa mengalami perkembangan.

"Jangan sampai kita sudah nentuin sekarang pakai teknologi ini, nanti tiba-tiba pemerintah memiliki spek sendiri dan nggak nyambung dengan yang udah kita tentukan. Ini bahaya juga. Intinya, kita akan comply dengan apapun aturan yang dikeluarkan pemerintah," tuturnya.

Dalam menggelar jaringan miliknya, Telkomsel menggunakan teknologi berbagai vendor, mulai kepunyaan Huawei, Ericsson, Nokia, dan ZTE. Dasar itu pula yang akan dipakai Telkomsel ketika menggelar 5G nantinya.

"Kami belum tentukan mitra 5G dan budaya kami itu tidak pernah satu vendor karena untuk menjaga QOS (Quality of Service). Jadi, kemitraannya masih dibuka, kalau kemarin masih trial," pungkasnya.


(fyk/krs)