Senin, 10 Jun 2019 17:46 WIB

Polemik AS-Huawei Dikhawatirkan Hambat Peluncuran 5G Global

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: DW (News) Foto: DW (News)
Jakarta - Blacklist dari pemerintah Amerika Serikat terhadap Huawei dikhawatirkan justru menghambat peluncuran 5G global. Pasalnya beberapa perusahaan teknologi raksasa melarang pegawainya untuk membicarakan standar teknologi dan teknis dengan Huawei.

Beberapa perusahaan tersebut antara lain pembuat prosesor Intel dan Qualcomm, firma riset InterDigital Wireless, dan operator telekomunikasi Korea Selatan LG Uplus. Perusahaan-perusahaan ini melarang pegawainya untuk terlibat dalam pembicaraan informal dengan Huawei.




Padahal diskusi seperti ini disebut sebagai pembicaraan rutin yang dilakukan oleh berbagai organisasi dan perusahaan internasional, di mana teknisi membahas standar teknis untuk teknologi komunikasi, termasuk standar jaringan 5G.

Terlebih lagi saat ini Huawei merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia dan merupakan salah satu vendor yang dipilih untuk mengembangkan jaringan 5G di beberapa negara.

"Huawei bukan hanya sekedar perusahaan. Mereka, menurut banyak sumber, adalah pemimpin dalam teknologi 5G," kata profesor hukum di University of Utah dan anggota Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), Jorge Contreras seperti dikutip detikINET dari Reuters, Senin (10/6/2019).

"Mengecualikan mereka akan sangat sulit untuk diselesaikan, sehingga bisa saja mengganggu seluruh proyek. Jika idenya adalah untuk membuat 5G non-China, saya tidak yakin itu bisa dilakukan," sambungnya.




Beberapa perusahaan teknologi asal AS dan asing mengatakan mereka memerintahkan pegawainya untuk membatasi interaksi langsung dengan Huawei karena mereka tidak ingin terlibat masalah dengan pemerintah AS. Padahal, kebijakan dari pemerintah AS tidak melarang komunikasi dengan Huawei dan hanya melarang transfer teknologi.

Juru bicara InterDigital mengatakan mereka memberikan panduan untuk teknisi untuk memastikan mereka mematuhi regulasi pemerintah AS. Sementara juru bicara LG Uplus mengatakan mereka secara sukarela membatasi interaksi dengan Huawei dan hanya bertemu untuk instalasi peralatan jaringan atau masalah pemeliharaan.


Imbas Di-blacklist AS, Facebook Cs Tak Lagi Terpasang di Huawei? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(vim/krs)