Kamis, 06 Jun 2019 18:11 WIB

Bantu Huawei, China Keluarkan Lisensi 5G

Fino Yurio Kristo - detikInet
Era 5G. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Era 5G. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Beijing - Otoritas China baru saja mengeluarkan lisensi jaringan 5G untuk tiga operator besar di negara itu serta China Broadcasting Network. Artinya, teknologi selular generasi kelima itu sudah diizinkan untuk komersialisasi penuh.

Dikutip detikINET dari Reuters, persetujuan dari pemerintah soal lisensi 5G itu akan memicu investasi di sektor telekomunikasi yang akan menguntungkan vendor semacam Huawei. Kebetulan, Huawei sedang berjuang karena dijegal AS dan bisnis 5G-nya terancam.

Mereka yang memperoleh lisensi adalah operator China Mobile, China Unicom dan China Telecom serta China Broadcasting Network Corporation Ltd yang merupakan lembaga penyiaran negara itu.


Ketiga operator telah mendapatkan lisensi trial 5G sejak akhir tahun 2018. Pemberian lisensi terbaru adalah lampu hijau sehingga mereka bisa mengebut komersialisasi 5G yang diharapkan terealisasi pada tahun 2020.

Huawei tentu menyambut baik kabar itu dan mengaku siap mendukung terselenggaranya jaringan 5G di China. Mereka mengklaim saat ini telah mendapat kontrak komersial 5G di 30 negara dan mengapalkan lebih dari 100 ribu BTS 5G.

Namun demikian, karena Huawei masuk blacklist AS dan dipersulit membeli komponen dari sana, mereka berpotensi mengalami kesulitan dalam menggeber 5G skala besar.

"Kami masih melihat bahwa jika larangan ekspor AS ke Huawei tetap ada selama beberapa waktu dan bahkan diperluas ke perusahaan teknologi China lain, maka akan sangat sulit bagi China membangun 5G dalam skala besar," tulis analis industri Jefferies.

(fyk/fyk)