Sabtu, 25 Mei 2019 16:25 WIB

Trafik Data XL Sempat Turun Saat Akses WhatsApp Dibatasi

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: XL Axiata Foto: XL Axiata
Jakarta - Dibatasinya akses WhatsApp dan media sosial oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) rupanya mempengaruhi trafik data XL Axita. Operator yang identik berwarna biru ini mencatat penurunan yang cukup signifikan.

Demikian diungkap Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya saat ditemui di kantornya, Jumat malam (25/5/2019).


Pihaknya mencatat trafik data keseluruhan menurun hingga 10%. Bila ditinjau dari sisi layanan, maka WhatsApp dan Instagram yang trafik menurun tajam.

"Instagram kan dasarnya foto dan video, jadi hampir habis semua. Tapi kalo diliat dari trafik keseluruhan paling signifikan WhatsApp, penurunanya mencapai 50%," ujar Yessie.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D YosetyaDirektur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya Foto: Rachman Haryanto


Soal banyaknya pengguna kesulitan menggunakan layanan WhatsApp meski hanya pesan teks, hal itu dikarenakan masalah konfigurasi.

"Kami harus melakukan konfigurasi secara nasional, jadi berdampak pada pengiriman pesan," kata Yessie.


Seperti diketahui Kominfo melakukan pembatasan sementara akses ke medsos dan layanan messaging berlaku sejak Rabu (22/5). ada enam layanan yang aksesnya dibatasi saat ini, yakni Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, Line, dan WhatsApp. Ada pun yang dibatasi pada dasarnya hanya sebatas gambar dan video saja, sementara teks dan panggilan telepon tetap bisa digunakan pada keenam layanan itu.

Setelah situasi kerusuhan sudah kondusif, Kominfo pun mencabut pembatasan akses fitur video dan gambar pada media sosial dan instant messaging pada Sabtu siang (25/5/2019).


Tonton video: Hore! WhatsApp dan Instagram Sudah Kembali Normal

[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)